nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sampah Kulit Kabel di Gorong-Gorong Merdeka Selatan, Sandi: Harus Kena Pidana!

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 13:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 20 338 1875305 sampah-kulit-kabel-di-gorong-gorong-merdeka-selatan-sandi-harus-kena-pidana-oRlln60e2A.jpg Wagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sampah kulit kabel sebanyak 13 meter kubik ditemukan di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat atau di sekitar Balai Kota DKI. Menyikapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menganggap, tindakan pelaku yang membuang kulit kabel di gorong-gorong merupakan sebuah tindak pidana.

"Saya rasa harus masuk pidana ya, kalau perdata-perdata saja (enggak jera), ini sudah terjadi berulang kali," ujar Sandi di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018).

Sandi menilai, terdapat unsur kesengajaan di kasus pembuangan kabel ini. Pasalnya Sandi menduga ada pola yang dilakukan berulang-ulang oleh pelaku.

"Kalau kesengajaan, berulang kali, itu kan ada pola, pattern," paparnya.

Kata Sandi, pihaknya kini tengah mempertimbangkan langkah hukum apa yang akan diambil dengan temuan terbaru kulit kabel di gorong-gorong. "Lagi dilaporkan ke kami, nanti kita ambil arahannya seperti apa," katanya.

Selain itu dia memastikan akan melibatkan kepolisian dalam mengusut pelaku yang membuang kulit kabel di gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan. Apalagi, kulit kabel itu bisa mengancam Istana Negara jika terjadi hujan deras. "Ancaman kita kalau gorong-gorongnya enggak lancarkan yang akan terkena dampak adalah Istana Negara, itu kan bahaya," tegas Sandi.

(Baca juga: Petugas Kembali Temukan Tumpukan Kulit Kabel di Gorong-Gorong Medan Merdeka Selatan)

Sebelumnya diketahui, Gulungan kulit kabel ‎sebanyak 13 meter kubik ditemukan di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat sekitar Balai Kota DKI. Sampah gulungan kabel itu ditemukan oleh petugas pada Minggu 18 Maret 2018.

Sebelumnya, Kasi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat, Boris Karlop Lumbangaol mengatakan, pihaknya mengerahkan 100 petugas untuk mengangkut sampah kulit kabel tersebut. Kulit kabel yang sudah diangkut kemudian dibuang ke pembuangan lumpur Marunda, Jakarta Utara.

Sementara itu, Kasudin SDA Jakarta Pusat, Dicky Suherlan mengungkapkan, penemuan gulungan kabel ini sama seperti kasus pada Maret 2016. Pasalnya, sampah gulungan kabel tersebut ‎juga ditemukan pada titik yang sama, yakni dari depan Gedung Balai Kota hingga Lemhanas.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini