nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak Kecelakaan Kerja, Sandiaga Ingin Kualifikasi Pekerja Ditingkatkan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 22:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 20 338 1875672 marak-kecelakaan-kerja-sandiaga-ingin-kualifikasi-pekerja-ditingkatkan-1VPvx9DKZ9.jpg Wagub DKI, Sandiaga Uno (foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, PT Waskita Karya (Persero) bisa diberikan sanksi lainnya terkait kecelakaan kerja saat proyek Rusun di Pasar Rumput, Minggu 18 Maret 2018.

“Bisa dari segi keselamatan dan kesehatan kerja. Karena kami yang melakukan monitoring oleh dinas tenaga kerja dan transmigrasi, kita bisa memberikan rekomendasi. Jadi sanksi itu nanti tentunya kalo misalnya akhirnya, misalnya yang dipilih adalah tipiring ya harus diproses melalui kepolisian,” kata Sandiaga di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018).

Sandi menyatakan, sanksi tersebut bisa diberikan kepada para pekerja yang sudah lalai dan bukan untuk perusahaan. Karena, menurut laporan yang disampaikan oleh Dinas Tenaga Kerja DKI kemungkinan belum memahami pekerjaannya.

“Mungkin dia lelah, mungkin dia belum nyampe (Mengerti pekerjaan),” tutur Sandi.

 (Baca juga: Polisi Akan Gelar Perkara Kasus Jatuhnya Besi Rusun Pasar Rumput)

Tetapi, Sandi juga menginginkan para kontraktor juga harus bisa menerapkan tata kelola yang baik terhadap perusahaannya. Seperti melakukan pengawasan terhadap kualifikasi pekerjanya.

“Nah saya ingin mendorong gitu loh. Bahwa kalau bisa ditingkatkan jumlah tenaga pengawas dan juga ditingkatkan kualifikasi dari pada operator tersebut. Sehingga tidak ada kecelakaan lagi yang sebetulnya kalo kita bilang bisa dihindari,” bebernya.

 (Baca juga: Pemprov DKI Akan Beri Sanksi Pengembang Rusun Pasar Rumput)

Sekadar diketahui, kecelakaan kerja itu terjadi pada Minggu, 18 Maret 2018, sekira pukul 09.25 WIB. Sebuah besi hollow proyek rusun yang dikerjakan PT Waskita itu jatuh dari lantai 10 dan mengenai warga yang sedang berbelanja di pasar yang tak jauh dari lokasi proyek tersebut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini