nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Drainase Buruk, Permukiman Warga di Gunungsitoli Kerap Banjir saat Hujan Deras

ant, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 14:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 20 340 1875351 drainase-buruk-permukiman-warga-di-gunungsitoli-kerap-banjir-saat-hujan-deras-FA9PtAQEfv.JPG ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

GUNUNGSITOLI - Puluhan rumah warga di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, terendam banjir akibat hujan deras yang melanda kota itu sejak Selasa (20/3/2018) pagi sehingga menyebabkan saluran air (drainase) yang ada tidak mampu menampung debit air.

Rohani Telaumbanua, salah seorang warga di Jalan Pattimura, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli mengatakan, rumahnya terendam akibat hujan deras yang terjadi sejak pukul 06.00 WIB pagi tadi. Air masuk ke dalam rumah karena drainase yang ada di samping rumahnya tidak bisa menampung debit air akibat hujan deras.

Akibatnya air menggenangi jalan depan rumahnya dan sebagian masuk ke rumah sehingga kain banyak yang basah kena air. "Kalau sekarang airnya sudah mulai surut, tapi banyak kain yang basah, dan kerusakan barang belum ada sama sekali," katanya.

Ia berharap pemerintah Kota Gunungsitoli meninjau ulang atau memperbaiki sistem drainase di Desa Mudik, karena menurut dia, setiap hujan deras air meluap dan menggenangi rumah warga.

Hal yang sama dialami Yosefin Hulu yang tinggal di Jalan Karet, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, yang memgaku terpaksa menaikkan semua barang barangnya ke tempat yang tinggi karena air masuk ke dalam rumah akibat hujan deras. Ketinggian air yang menggenangi jalan di lokasinya menurut Yosefin mencapai satu meter, sehingga banyak perabotan rumah tangga dan baju miliknya yang basah kena air.

"Di lokasi saya juga banjir bang, ini kami lagi sibuk angkat barang barang ke tempat lebih tinggi agar tidak basah," katanya.

Berdasarkan pantauan, akibat hujan deras di Kota Gunungsitoli yang turun sejak pukul 06.00 wib, sejumlah ruas jalan di Kota Gunungsitoli terendam air akibat drainase tidak bisa menampung debit air. Adapun lokasi yang terendam air adalah sekitar Jalan Karet, Jalan Diponegoro, Jalan Pattimura dan sejumlah pemukiman warga di Kota Gunungsitoli.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini