nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak Kejahatan Skimming, Polisi Tingkatkan Patroli di ATM

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 20 519 1875413 marak-kejahatan-skimming-polisi-tingkatkan-patroli-di-atm-ar0X9GKjlE.jpg Polisi kawal mesin ATM (Foto: Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA - Anggota Raimas Sat Sabhara Polrestabes Surabaya meningkatkan patroli terhadap mesin ATM yang ada di kota pahlawan, Selasa (20/3/2018). Ini dilakukan untuk mengantisipasi terhadap kejahatan skimming yang sedang marak akhir-akhir ini.

Adapun ATM yang menjadi sasaran pertama, yakni ATM Mandiri yang terletak di Jalan Indrapura, Surabaya. Anggota Raimas langsung memeriksa sejumlah mesin ATM yang ada setelah koordinasi dengan security setempat.

Namun petugas tidak memenukan sesuatu yang mencurigakan. Lalu anggota Raimas bergerak ke ATM BRI di Jalan Rajawali, Kota Surabaya. Petugas memeriksa satu persatu mesin ATM, dan tidak menemukan alat skimming.

 (Baca: Marak Kasus Skimming, Teknologi Polri Diminta Lebih Canggih dari Pelaku Kejahatan)

"Untuk patroli hari ini, selain antisipasi radikalisme juga ke ATM-ATM. Kita tingkatkan koordinasi dengan pihak security karena akhir-akhir ini marak pembobolan ATM atau Skimming," terang Danton Raimas Polrestabes Surabaya, Aipda Eko Kristanto.

Menurut Eko, dalam patroli kali ini pihaknya tidak menemukan alat skimming atau benda yang mencurigakan di mesin ATM. Polisi menghimbau pada masyarakat yang ingin mengambil uang di ATM supaya cek terlebih dulu kondisi mesin.

 (Baca juga: Pelaku Skiming Pilih ATM yang Jarang di Pantau Publik)

Jika ditemukan adanya kejanggalan, maka segera laporkan pada security ATM tersebut. Nasabah juga harus waspada dan selalu merahasiakan nomor pinnya agar terhindar dari aksi kejahatan skimming.

"Hasil patroli hari ini belum ada temuan, dan jangan sampai ada kejadian seperti itu (skimming)," tandasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini