Tidak Ada Korban dari Insiden Pesawat TNI AU Tergelincir di Lanud Husein Sastranegara

CDB Yudistira, Okezone · Selasa 20 Maret 2018 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 20 525 1875423 tidak-ada-korban-dari-insiden-pesawat-tni-au-tergelincir-di-lanud-husein-sastranegara-4cMQsqF2MM.jpg Pesawat Cassa TNI AU Tergelincir di Lanud Husein Sastranegara (foto: Sindonews)

BANDUNG - Pesawat TNI Angkatan Udara jenis Cassa 212 Aviocar A-2108 dari Skadron 4 Lanud Abdurahman Saleh Malang yang dipiloti oleh Kapten Pnb Andika Ardyagana dan Copilot Wanto Nur Abadi dengan 7 crew serta 6 orang personel dari Dispotrudau, mengalami insiden keluar landasan ketika akan melaksanakan landing di Lanud Husein Sastranegara, pada Selasa (20/3/2018)

Akibat tergelincirnya pesawat Cassa 212 TNI AU, beberapa penerbangan terjadi hambatan. Pesawat yang akan take off mengalami delay (penundaan keberangkatan). Begitu pula pesawat yang akan landing (mendarat) dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Akibat delay penerbangan tersebut sampai dengan waktu yang belum bisa ditentukan. Terjadi penumpukan para penumpang yang akan terbang dari Bandara Husein Sastranegara ke beberapa bandara di Indonesia.

(Baca Juga: Pesawat TNI AU Tergelincir di Lanud Husein Sastranegara)

Sementara, evakuasi pesawat Cassa 212 masih diupayakan oleh tim penyelamatan TNI AU Lanud Husein. Disiagakan pula hanland, damkar, ambulans dan tim medis, serta Tim Sathar AU Petugas TNI AU dan Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara dalam mengatasi kecelakaan yang terjadi. Selain itu, petugas juga melakukan monitoring dan pemantauan terhadap para penumpang yang akan terbang tetapi mengalami penundaan agar tidak terjadi keresahan.

Menurut Pilot A-2018 Kapten Pnb Andika Ardyagana pesawat mengalami after landed nose steering, sehingga pesawat tergelincir keluar 5 meter dari tepi runway Taxiway C dan Taxiway B, setelah melaksanakan misi pemotretan udara di aliran Sungai Citarum dan Cisanti Jawa Barat.

Tidak ada korban jiwa dalam Insident pesawat Cassa 212 Aviocar A-2108 dari Skadron 4 Lanud Abdurahman Saleh Malang tersebut, dan setelah hampir 2 jam dilaksanakan pesawat tersebut berhasil ditarik untuk dipindahkan ke hanggar perawatan Sathar 14 Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara.

"Untuk dilaksanakan perbaikan dan penyelidikan lebih lanjut terkait kecelakaan tersebut dan untuk penerbangan dari dan menuju Bandar Udara Husein Sastranegara sudah dibuka kembali," Mayor Sus Suprih Ardyanto, Kapentak Lanud Husein, melalui rilisnya, yang diterima Okezone.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini