nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Depok, Bandung Juga Diguyur Hujan Es

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 18:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 20 525 1875545 selain-depok-bandung-juga-diguyur-hujan-es-CzwtFgV0wn.jpg Ilustrasi Hujan ES (foto: Okezone)

BANDUNG - Hujan lebat disertai es, terjadi di kawasan Ujungberung, Kota Bandung, pada sore hari tadi. Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya menyebutkan, hujan es yang terjadi karena terdapatnya awan Cumulonimbus yang berlapis menjulang tinggi.

"Karena terdapat awan cumulonimbus yang berlapis menjulang tinggi dibagian atasnya membeku karena dilapisan udara lebih dari ketinggian 4 km, suhu udaranya dibawah 0 derajad celcius. Kemudian uap air yang membeku tadi turun kepermukaan tanah berupa butiran kecil, yang disebut hujan es," ungkap Tony saat di konfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (20/3/2018).

(Baca Juga: Hujan Es Landa Kota Depok Sore Ini)

Tony menyebutkan, saat ini Bandung, masih berada di musim penghujan. Pada umumnya, pada pagi cuaca cerah pada umumnya. Namun begitu, terdapat pontensi hujan di sing hingga dengan sore hari. Hal itu disebabkan terbentuk awan cumulonimbus (Cb) /awan hitam berlapis, yang berpotensi menyebabkan hujan lebat durasi singkat, petir, angin kencang, hujan es.

"Yang bersifat lokal di suatu tempat tertentu. Prosesnya singkat dan berskala lokal," jelasnya.

Selain hujan es yang terjadi, hujan juga menyebabkan banjir di beberapa titik di kota Bandung. Dari informasi yang di himpun, banjir menggenangi kawasan Cicaheum, Cikadut, Antapani, Arcamanik, Jalan Rumah Sakit, dan kawasan Gede Bage.

(Baca Juga: BMKG: Hujan Es di Depok Fenomena Alamiah)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini