nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teliti Debit Air Sungai, Dosen ITS Cegah Kerusakan Infrastruktur

Shara Nurachma, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 08:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 20 65 1875511 teliti-debit-air-sungai-dosen-its-cegah-kerusakan-infrastruktur-5hTUVBifo7.jpg Foto: Dok ITS

JAKARTA - Tiga dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menganalisa fluktuasi debit air sungai untuk mencegah kerusakan bangunan sungai. Dosen-dosen tersebut yakni Dr Ir Kuntjoro MT, Ir Ismail Sa’ud MMT dan Ir Didik Harijanto CES yang berhasil memodelkan pergerakan alur sungai.

Debit air sungai tidak pernah statis berdasarkan catatan dari alat perekam muka air otomatis atau Automatic Water Level Recorder (AWLR).

“Erosi dan sedimentasi juga disebabkan oleh perubahan debit sungai, hal itu berpengaruh terhadap pembentukan dan perubahan dasar sungai,” jelas Ketua tim, Dr Ir Kuntjoro MT seperti dilansir dari laman ITS, Kamis (22/3/2018).

Perubahan-perubahan debit air sungai diduga sebagai penyebab propagasi alur sungai. Analisis debit air sungai tersebut dilengkapi dengan data geometri sungai dan teknis tanah yang dianalisa dengan teori KUN-QArSHOV dan metode Wallingford.

Kuntjoro menjelaskan bahwa analisa tersebut memprediksi aliran sungai, debit, dan sidementasinya yang akan menunjukkan pengaruh pergerakan sungai dari besarnya fluktuasi debit dan geometri sungai.

Hasil dari penelitian ini telah diaplikasikan pada pembangunan sungai Batui di Luwuk, Sulawesi Tengah. Tahun ini juga akan dilakukan penelitian terkait deteksi dini banjir dengan indikator pola fluktuasi debit.

“Tahun 2018 ini, kami akan melanjutkan penelitian yang sama untuk menyempurnakan hasil dari sebelumnya,” ungkap Kuntjoro.

Propagasi alur sungai memang dapat mempengaruhi tingkat keamanan bangunan sungai yang telah dibuat. Propagasi alur sungai sendiri adalah proses erosi di satu sisi di dalam dengan sedimentasi di sisi lain yang bisa menyebabkan bergesernya alur sungai sehingga akan membahayakan infrastruktur di dekatnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini