nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

73 Tahun Lalu, Enam Negara Bentuk Organisasi Liga Arab

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 21 18 1876167 73-tahun-lalu-enam-negara-bentuk-organisasi-liga-arab-IWBPFIrN6V.jpg Foto: Reuters

PADA 22 Maret 1945, perwakilan dari Mesir, Suriah, Lebanon, Arab Saudi, Irak, Transjordan (berganti nama menjadi Yordania pada 1949) bertemu di Kairo untuk membentuk organisasi Liga Arab. Organisasi itu dibentuk untuk mengembangkan pertumbuhan di wilayah Timur Tengah, menyelesaikan konflik antar anggotanya dan mengoordinasi tujuan politik para anggotanya.

BACA JUGA: Liga Arab Peringatkan AS Agar Tak Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Yaman turut bergabung dengan Liga Arab sebagai anggota ketujuh pada 5 Mei 1945 dan setelah itu anggota Liga Arab terus bertambah. Saat ini Liga Arab memeiliki 22 anggota yang berasal dari negara di Timur Tengah dan Afrika serta empat negara pengamat. Keanggotaan Suriah sebagai salah satu negara pendiri ditangguhkan menyusul perang saudara yang terjadi di negara itu pada 2011.

BACA JUGA: Liga Arab Ingin Yerusalem Timur Jadi Ibu Kota Negara Palestina

Sepanjang sejarahnya, Liga Arab memainkan peran penting dalam konflik antara Palestina dengan Israel. Negara-negara anggota Liga Arab menolak keras pembentukan negara Israel pada 1948 dan melakukan serangan ke wilayah Negara Zionis itu meski dapat dikalahkan. Liga Arab juga memberikan dukungan penuh kepada Palestina dan berperan dalam pembentukan organisasi yang mewakili rakyat Palestina, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) pada 1964.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini