nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh, Nasabah Bank Diduga Tarik Duit Palsu dari ATM BRI

Amnar Sengkang, Jurnalis · Rabu 21 Maret 2018 14:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 21 340 1875907 heboh-nasabah-bank-diduga-tarik-duit-palsu-dari-atm-zuUQqL5s9h.jpg Nasabah bank diduga temukan uang palsu saat tarik uang di ATM (Foto: Amnar Sengkang)

WAJO - Irma, nasabah BRI menemukan selembar uang palsu pecahan Rp50 ribu edisi lama saat menarik uang di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) bank tersebut di Sallo Mall, Jalan H Bahe, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa 20 Maret 2018.

Irma mengatakan, dia menarik uang sejumlah Rp5 juta. Kemudian, ketika hendak merapikan lembaran uang-uang tersebut, ada selembar uang nampak berbeda.

"Saat saya susun-susun uang itu, selembar uang agak lain. Ukurannya berbeda, yang palsu lebih kecil, lebih tebal dan lebih kasar," jelasnya.

Irma yang merupakan warga Kecamatan Tanasitolo pun melaporkan hal tersebut kepada sekuriti mal dan sempat membuat geger.

Sementara berdasarkan pantauan di lokasi, uang tersebut terlihat berukuran lebih kecil jika dibandingkan uang lainnya. Selain itu, warna cetakannya lebih buram, dan gambar hologramnya lebih kasar.

(Baca Juga: Bareskrim Ringkus Komplotan Pencetak dan Pengedar Uang Palsu Senilai Rp100 Juta)

Sementara pihak BRI Cabang Sengkang membantah adanya uang palsu dari mesin ATM BRI yang ditempatkan di Salllo Mall Jalan H Bahe Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

"Uang yang kami masukkan dalam mesin ATM sebelumnya telah melalui tahapan dengan alat deteksi. Bahkan, uang rusak sekali pun tak akan lolos melewati alat deteksi tersebut selain alat deteksi, penyeleksian secara manual pun kami lakukan, kemungkinan indikasi uang palsu di mesin ATM sangat nihil," ujar Andi Bau Malingkaan, Supervisor Operasional BRI Cabang Sengkang Wajo.

"Warga yang kemarin indikasi uang palsu didapatkan dari mesin ATM kami membantah dengan peryataan itu karena warga yang heboh kemarin menyatakan ada uang palsu setelah masuk berbelanja," imbuhnya.

Kepala BRI Cabang Sengkang Kabupaten Wajo, Agung Bondho Yudho mengatakan, indikasi uang palsu yang ditemukan sejauh ini belum bisa dipastikan kebenarannya.

"Belum kami pastikan. Uang tersebut kami laporkan ke pusat. Hasil dari pusat menentukan asli tidaknya uang tersebut," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini