nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang 2 Pertemuan Bersejarah, Parlemen Korut Gelar Sidang Tahunan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 14:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 22 18 1876431 jelang-2-pertemuan-bersejarah-parlemen-korut-gelar-sidang-tahunan-JsbxQRdcoW.jpg Bendera Korea Utara (Foto: Kim Kyung-hoon/Reuters)

SEOUL – Dewan Tertinggi Rakyat Korea atau Parlemen Korea Utara berencana menggelar sidang luar biasa pada 11 April mendatang guna membahas dua rencana pertemuan bersejarah, yakni KTT Antar-Korea dan pertemuan tingkat tinggi dengan Amerika Serikat (AS). Pengumuman itu disampaikan oleh kantor berita Korea Utara, KCNA.

Keputusan menggelar sidang tahunan pertama itu diambil oleh presidium parlemen pada 15 Maret. Dewan Tertinggi Rakyat Korea biasanya hanya mengesahkan keputusan-keputusan strategis terkait struktur dan anggaran pemerintah yang dirancang oleh Partai Pekerja Korea (PKK).

“Sidang pada April adalah pertemuan biasa di mana Korea Utara mengambil keputusan dalam berbagai proyek kunci negara,” ujar Profesor Studi Korea Utara di Dongguk University, Koh Yu-hwan, dinukil dari Reuters, Kamis (22/3/2018).

“Akan tetapi, kali ini terjadi menjelang KTT Antar-Korea dan pertemuan tingkat tinggi dengan Amerika Serikat, jadi mungkin saja ada langkah-langkah tertentu atau pidato secara spesifik, tetapi kita harus menunggunya,” imbuh Koh.

BACA JUGA: Korsel-Korut Gelar KTT Antar-Korea Ketiga Akhir April Mendatang

Pendapat senada diungkapkan Choi Dae-seok, Profesor Studi Korea Utara di Ewha Womans University. Ia yakin parlemen Korea Utara akan banyak membahas isu ekonomi sebagaimana biasanya di musim semi, daripada denuklirisasi Semenanjung Korea atau hubungan antara Utara dengan Selatan.

Dewan Tertinggi Rakyat Korea biasanya hanya menggelar satu atau dua kali sidang tahunan yang berlangsung satu hari penuh. Pertemuan terakhir digelar pada April 2017 dengan hasil berupa pengumuman pembentukan komisi diplomatik yang bertujuan meningkatkan hubungan dengan dunia internasional.

BACA JUGA: Trump Siap Bertemu Kim Jong-un pada Mei 

Sebagaimana diketahui, Kim Jong-un siap untuk bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam format KTT Antar-Korea di Panmunjom pada akhir April. Pada Mei, giliran Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang akan dijumpai Kim Jong-un di lokasi yang belum ditentukan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini