Share

Menlu RI Akan Hadiri Debat Terbuka di Dewan Keamanan PBB

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 22 Maret 2018 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 22 18 1876580 menlu-ri-akan-hadiri-debat-terbuka-di-dewan-keamanan-pbb-TlrTYIqa3X.jpg Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, dijadwalkan berkunjung ke Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat (AS), pada 28 Maret. Diplomat Tertinggi RI itu akan menghadiri sesi debat terbuka di Dewan Keamanan PBB.

BACA JUGA: Tahun Penentuan, Indonesia Siap Raih Kursi Dewan Keamanan PBB

"Ibu Menteri Luar Negeri akan menghadiri debat terbuka di DK PBB dengan Tema 'Aksi Kolektif Meningkatkan Operasi PBB' yang diinisiasi Belanda selaku Presiden Dewan Keamanan," terang juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, kepada awak media di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

Pria yang akrab disapa Tata itu menambahkan, sesi debat terbuka itu rencananya akan dihadiri oleh Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte. Menlu Retno akan berbagi pengalaman sebagai salah satu negara penyumbang pasukan keamanan terbesar di misi PBB.

"Seperti kita ketahui Ibu baru saja berkunjung ke Lebanon dan berbincang dengan pasukan perdamaian kita di sana. Ibu Menlu akan memberikan perspektif Indonesia untuk meningkatkan misi menjaga perdamaian PBB," imbuh Arrmanatha.

Sebagai informasi, DK PBB rutin melakukan rotasi kepemimpinan yang mulai Maret ini akan diemban oleh Belanda. Negeri Tulip pun berinisiatif mengadakan debat terbuka tersebut.

BACA JUGA: Indonesia Optimis Terpilih Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB

Selain mengikuti sesi debat terbuka, Menlu Retno juga akan bertemu beberapa kelompok, Duta Besar, dan atau menteri-menteri dari negara-negara anggota PBB. Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, didapuk sebagai pemimoin debat terbuka tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini