nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satpol PP Segera Tertibkan Praktik Judi Berkedok Pasar Malam

ant, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 11:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 22 340 1876351 satpol-pp-segera-tertibkan-praktik-judi-berkedok-pasar-malam-CfdlyF09pM.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

PAINAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) segera menertibkan pasar malam di nagari (desa adat) Lakitan, Kecamatan Lengayang yang dilaporkan telah berlangsung kegiatan perjudian.

"Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Ketenteraman Masyarakat dan Ketertiban Umum, jika pasar malam itu meresahkan maka harus ditertibkan," kata Kadis Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat, Dailipal di Painan, Kamis (22/3/2018).

Ia menambahkan isi Perda Pasal 37 ayat 2 disebutkan bahwa kegiatan keramaian dan hajatan tidak diperbolehkan melakukan unsur perjudian, jadi jika benar ada unsur perjudian seperti laporan masyarakat maka akan dilakukan penertiban. Namun, ujarnya sebelum turun ke lapangan pihaknya akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan wali nagari, camat dan pihak kepolisian.

"Jika pada saat turun nanti benar ada kegiatan perjudian maka pasar malam itu akan kita bubarkan," tegasnya.

Perjudian kata dia, selain bertentangan dengan Perda, juga bertentangan dengan ajaran agama. Sedangkan bupati sudah bertekad menjadikan masyarakat Pesisir Selatan yang agamis, sehingga pihaknya tidak akan kompromi dengan hal itu.

Wali Nagari Lakitan, Rafli Purdin menyebutkan, pasar malam di nagari yang dipimpinnya telah berlangsung sepekan lebih. Pasar malam tersebut mengantongi izin operasi baik dari pemuda, nagari, camat dan juga polsek setempat.

Dari pantauan di lokasi, pasar malam terdapat berbagai macam arena permainan seperti rumah hantu, komedi putar, dan aneka permainan anak lainnya. Sedangkan untuk pengunjung dewasa ada arena lempar gelang dengan berbagai hadiah menarik yang disediakan penyelenggara.

Untuk bisa mengikuti lempar gelang berhadiah itu peserta harus membeli gelang selanjutnya melemparkannya, jika tepat di sasaran ia akan membawa pulang hadiah, namun jika tidak ia akan pulang dengan tangan kosong.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini