nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cagub Ichsan Yasin Limpo Minta Warga Sulsel Doakan 'Saudara Kita' di Mamuju

Prayudha, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 20:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 22 340 1876656 cagub-ichsan-yasin-limpo-minta-warga-sulsel-doakan-saudara-kita-di-mamuju-Fwb0oBqkzL.jpg Ichsan Yasin Limpo (foto: Ist)

SELAYAR - Tak salah jika lembaga kemanusiaan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menobatkan Ichsan Yasin Limpo (Ichsan YL) sebagai tokoh peduli pengungsi dan kemanusiaan di Indonesia.

Meski disibukkan dengan sederet aktivitas pencalonannya di Pilgub Sulsel, namun Ichsan yang masih tercatat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, tetap memberi perhatian khusus bencana banjir di Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (22/3/2018).

(Baca Juga: Diguyur Hujan 8 Jam, Ribuan Rumah Warga di Mamuju Terendam Banjir)

Di sela-sela sosialisasinya di Selayar, Ichsan ikut mendoakan masyarakat di Mamuju, agar banjir yang merendam pemukiman warga, maupun sejumlah ruas jalan dan fasilitas umum, tak sampai menelan korban jiwa.

"Mari bersama doakan saudara-saudara kita di Mamuju, agar banjir ini bisa cepat surut. Mudah-mudahan tidak mengakibatkan korban jiwa," kata Ichsan Yasin Limpo, seperti rilis yang dikirim tim media Ichsan-Cakka.

Ia meyakini, semua pihak di Mamuju, khususnya instansi dan organisasi atau lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan, penanggulangan bencana, SAR, PMI, serta aparat keamanan bisa bahu membahu dalam memberikan pertolongan atau penanganan ke korban banjir.

Pemantauan di Mamuju, Kamis (22/3/2018), hujan deras yang melanda Kota Mamuju sejak pukul 01.00 Wita hingga pukul 09.00 Wita mengakibatkan banjir merendam ribuan pemukiman warga di Kelurahan Karema, Kecamatan Mamuju dan Kelurahan Simboro, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju.

Banjir akibat luapan Sungai Karema dan Sungai Korongana Kecamatan Simboro terjadi pasca-hujan deras sehingga menyebabkan ribuan pemukiman warga yang ada di wilayah itu terendam banjir hingga 1,5 meter. Selain merendam ribuan pemukiman masyarakat, banjir di kawasan padat penduduk Kota Mamuju itu juga merendam sejumlah ruas jalan di Kota Mamuju.

(Baca Juga: Banjir di Mamuju Jadi yang Terparah dalam 20 Tahun Terakhir)

Jalan yang terendam di antaranya Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Abdul Syakur, Jalan Diponegoro, dan Jalan Martadinata sehingga arus lalu lintas lumpuh. Selain merendam pemukiman warga dan jalan raya, banjir juga merendam sejumlah sekolah, kantor pemerintah dan pertamina terbesar di Kota Mamuju.

Masyarakat yang pemukimannya terendam mengungsi ke tempat yang lebih aman dan mengalami kerugian karena sejumlah barang berharga seperti barang elektronik dan perabot rumah tangga yang dimiliki terendam banjir.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini