nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Blusukan ke Pasar, Habel Melkias Apresiasi Pemuda Papua Jadi Pedagang

Edy Siswanto, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 16:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 23 340 1877048 blusukan-ke-pasar-habel-melkias-apresiasi-pemuda-papua-jadi-pedagang-JlptvF8fJ4.JPG Calon wakil gubernur Papua Habel Melkias Suwae saat blusukan ke Pasar Central, Kota Jayapura, Papua, Jumat (23/3/2018). (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

JAYAPURA – Calon wakil gubernur Papua nomor urut 2, Habel Melkias Suwae (HMS), kembali blusukan ke pasar untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dalam blusukan kali ini, HMS mengunjungi Pasar Central dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi, Kota Jayapura, Distrik Jayapura Selatan, Jumat (23/3/2018).

Setelah berjalan mengelilingi pasar itu, berbagai aspirasi dan dukungan disampaikan para pedagang.

Yang membuat Habel tercenggang adalah adanya adanya seorang pemuda asli Papua yang tidak canggung berjualan sayur dan bumbu dapur di salahsatu los di lantai dasar pasar itu.

Pemuda itu bernama John. Pemuda asli Waropen ini saban hari berjualan sayur dan bumbu dapur di pasar ini. Habel saat melihat John berjualan langsung menghampirinya dan melemparkan beberapa pertanyaan.

John mengaku jika dirinya sebelum memutuskan untuk berjualan sendiri, terlebih dahulu dia belajar berjualan dari seorang teman.

"Lama saya ikut teman saya berjualan. Setelah itu saya niatkan untuk berjualan sendiri,"kata John.

Atas apa yang dikerjakannya itu, dia telah mampu memiliki tabungan sendiri dan mampu menghidupi keluarganya.

"Ya, sedikit banyak ada-lah untuk ditabung dan bisa untuk keluarga," ucapnya.

Dengan kehadiran Habel di pasar itu, John berharap sosok HMS yang menjadi salah satu harapannya memimpin Papua ke arah lebih baik ini, bisa memperhatikan nasib pedagang pasar.

"Ya, kalau bisa beliau memperhatikan kami, meski kami berupaya untuk mandiri. Tapi, kalau ada perhatian pemerintah kan lebih baik lagi," ucapnya.

Sementara itu, Habel mengaku talkub dan mengapresiasi langkah yang dilakukan John. Calon wakil Gubernur Papua berdampingan dengan John Wempi Wetipo (JWW) itu menilai sangat jarang anak muda Papua yang bekerja sebagai pedagang di pasar.

"Saya salut dengan anak muda ini (John). Dia tanpa malu dan canggung berjualan di pasar. Saya pikir ini bisa menjadi inspirasi bagi anak Papua yang lain," katanya.

Ia menekankan tidak akan menutup mata akan kondisi para pedagang pasar. Meski begitu, menurutnya, niat dan kemauan menjadi dapat kunci untuk kesuksesan.

(Baca Juga: John Wempi-Habel Melkias: Papua Harus Aman, Jangan Ada Dikotomi Antar Masyarakat)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini