nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkunjung ke Pasar Youtefa Jayapura, John Wempi Prihatin Pasar Kerap Banjir

Edy Siswanto, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 23:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 23 340 1877208 berkunjung-ke-pasar-youtefa-jayapura-john-wempi-prihatin-pasar-kerap-banjir-g8yECEBYbC.jpg Calon gubernur Papua, John Wempi Wetipo, saat berkunjung ke Pasar Youtefa, Abepura, Jayapura, Papua, pada Jumat (23/3/2018). (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

JAYAPURA – Calon Gubernur Papua nomor urut 2, John Wempi Wetipo (JWW), blusukan ke Pasar Youtefa Abepura, Jayapura, Papua, Jumat (23/3/2018) siang.

Dalam blusukannya yang juga diikuti tim koalisi itu, JWW menerima aspirasi para pedagang dan warga masyarakat.

Salah satu pedagang Pasar Youtefa, Mansyur, meminta jika pasangan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JWW-HMS) terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Papua periode 2018-2023, infrastruktur pasar tersebut dapat diperbaiki.

"Pasar ini sering terendam banjir, terus jalan yang rusak ini juga perlu diperbaiki," kata Mansyur.

Selain itu, ia menyebutkan, pedagang tersebut menginginkan pembangunan pasar yang lebih layak.

"Kami ingin di sini saja. Hanya perlu direnovasi supaya baik," katanya.

Senada dengan itu, Ketua Harian HIPPAS Pedagang Pasar Youtefa,, Muhamd Tagwin mengungkapkan, infrastruktur di Pasar Youtefa saat ini sudah tidak layak. Menurutnya, jumlah pedagang sudah melebihi kapasitas pasar.

“Jumlah pedagang di sini kurang lebih 4.000 orang, sudah termasuk pedagang kios. Namun, di sini kondisi pasar sudah tidak baik. Hal ini berimbas kepada penghasilan para pedagang,” katanya, saat mendampingi John Wempi Wetipo saat mengunjungi Pasar Youtefa.

Taqwin menjelaskan, kebanyakan para pedagang berharap adanya bantuan dari pemerintah membangun pasar yang layak bagi mereka di lokasi yang sama.

“Semoga kedatangan Bapak Wempi Wetipo bisa memperbaiki kondisi pasar di sini, yakni mulai dari pembangunan pasar untuk terhindar banjir, pembangunan terminal, dan juga penyaluran air bersih,” ungkapnya.

Sementara itu, usai mengelilingi Pasar Youtefa, John Wempi Wetipo mengungkapkan masalah terbesar yang dihadapi para pedagang, yaitu banjir, ketika hujan lebat turun.

(Baca Juga: Blusukan ke Pasar, Habel Melkias Apresiasi Pemuda Papua Jadi Pedagang)

“Kasihan para pedagang di sini. Kalau hujan turun, mereka selalu waswas. Mereka tidak tenang mencari nafkah. Belum lagi mereka harus pindah, apabila banjir terjadi. Ini adalah pasar tradisional terbesar di Kota Jayapura. Harusnya tidak boleh seperti ini,” katanya.

Wempi Wetipo menegaskan, apabila Tuhan berkehendak memimpin Papua, akan merancang pembangunan Pasar Youtefa yang layak dengan bentuk desain bertingkat.

“Ke depan kita menginginkan pasar ini harus aman dari cuaca dan pembeli bisa aman berbelanja. Apalagi perputaran ekonomi terbesar ada disini. Kalau pasarnya tidak baik maka orang akan malas ke pasar. Kalau seperti ini terus maka rakyat yang rugi,” paparnya.

(Baca Juga: John Wempi-Habel Melkias: Papua Harus Aman, Jangan Ada Dikotomi Antar Masyarakat)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini