UMB dan MMU Gelar Seminar Tourism and Social Media

Susi Fatimah, Okezone · Jum'at 23 Maret 2018 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 23 65 1877071 umb-dan-mmu-gelar-seminar-tourism-and-social-media-V9OBrKYeGW.jpg Foto: Dok UMB

JAKARTA - Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan kerjasama dengan Faculty of Business Multimedia University (MMU), Malaysia pada bidang penelitian dengan tema kajian "Tourism and Social Media."

Hasil penelitian awal diseminarkan pada Kamis 22 Maret 2018 di Multimedia University, Malaka, Malaysia. Ada tiga hasil riset yang dipresentasikan secara panel yaitu Pertama, motif menggunakan media online di kalangan remaja (survei di Jakarta dan Bandung) oleh Ponco Budi Sulistyo, PhD. Kedua, optimalisasi media sosial untuk promosi pariwisata oleh Sofia Aunul, M.Si dan Rahmadya Putra, M.Si, dan terakhir City branding melalui transmedia storytelling oleh Eka Perwitasari M.Ed dan Dicky Andika, M.Si

Kaprodi Ilmu Komunikasi Fikom UMB Ponco Budi Sulistyo, Ph.D, mengatakan kerjasama penelitian dengan MMU ini sebagai salah satu wujud implementasi dari visi UMB yakni memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global pada tahun 2024.

Ponco menjelaskan, kerjasama riset ini akan dilakukan secara berkelanjutan melihat fenomena sosial yang terus berubah.

“Kita ingin terus melakukan riset bersama sehingga membawa manfaat bagi masyarakat dan industri yang ada, baik di Indonesia maupun di Malaysia serta mempererat persaudaraan antar dua negara tetangga,” imbuh Ponco dalam siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (23/3/2018).

Sementara itu, Dekan Faculty of Business, MMU, Prof. Madya Dr. Gerald Goh menuturkan, kerjasama riset ini dapat memberikan nilai strategis bagi kedua belah pihak dengan tema-tema yang sesuai dengan kondisi global yang terjadi saat ini.

"Kerjasama di bidang riset dengan UMB akan memberikan nilai strategis bagi kedua belah pihak," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dipresentasikan tentang program yang dapat mendeteksi perhatian orang ketika melakukan komunikasi. Program tersebut adalah Multimedia Attention Tracking Agent (MATA) hasil inovasi dari Faculty of Enginnering, MMU.

MATA Project Leader, Dr. Liew Tze Wei mengatakan, sangat terbuka peluang kerjasama dengan UMB dalam mengembangkan program ini melalui kegiatan kerjasama riset antara Fikom UMB dan MMU. Sementara itu, Dennis Wong selaku pengembang program ini menyambut baik kerjasama riset terkait temuannya ini.

"Semoga kita sapat mengembangkannya bersama-sama dan bermanfaat bagi kedua universitas dan juga masyarakat," imbuhnya.

Kegiatan seminar penelitian ini dihadiri oleh dosen-dosen dan mahasiswa Faculty of Business, MMU dan juga mahasiswa dari Fikom UMB.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini