nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

John Wempi-Habel Melkias Janji Perhatikan Seni dan Olahraga di Papua

Edy Siswanto, Jurnalis · Sabtu 24 Maret 2018 18:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 24 340 1877419 john-wempi-habel-melkias-janji-perhatikan-seni-dan-olahraga-di-papua-7jnU099trq.JPG (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

JAYAPURA – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua John Wempi Wetipo-Habel Melkkas Suwae (JWW-HMS ) konsisten akan membangun dan mewadahi seni dan olahraga di Papua.

Hal ini disampaikan John Wempi Wetipo setelah menyaksikan pergelaran seni tari, lukis, dan berbagai pertunjukan lain dalam acara deklarasi tim relawan di GOR Waringin Kotaraja Jayapura, Sabtu (24/3/2018).

John Wempi dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi para seniman yang telah meramaikan deklarasi tim relawan. Menurutnya, tidak perlu bersitegang saat bicara politik. Namun, melalui seni, politik bisa dibangun dengan lebih santun.

"Politik juga bisa lewat seni, politik tidak perlu singgung-menyinggung sehingga membuat orang tidak senang. Jadi, pergelaran seni hari ini sangat luar biasa. Saya sangat bangga dan ini membuat rakyat tidak bosan," katanya didampingi calon wakil gubernur Papua Habel Melkias Suwae.

Ia berjanji, jika rakyat mengijinkan dirinya bersama Habel Melkias Suwae menjadi Gubernur dan wakil gubernur Papua, semua yang berkaitan dengan seni akan menjadi perhatian keduanya.

"Kami akan siapkan wadah untuk anak muda kita para seniman bisa berekspresi. Ini potensi kita, yang selama ini kurang mendapatkan perhatian," ucapnya.

Keseriusan pasangan JWW-HMS dalam bidang seni juga akan dilakukan dengan menjadikan kantor Gubernur Papua yang saat ini berada di Dok II Jayapura, menjadi pusat pagelaran seni dan wisata kuliner.

"Kantor Gubernur di Dok II itu kita akan kasih pindah ke lokasi lain, dan kantor Gubernur itu akan kita jadikan pusat kuliner dan seni di sana. Karena berdasarkan survei, Papua adalah provinsi yang paling tidak bahagia di Indonesia," ucapnya.

(Baca Juga: Relawan Se-Papua Siap Menangkan John Wempi-Habel Melkias di Pilkada 2018)

Hal lain yang menjadi perhatian adalah bidang olahraga, JWW bertekad akan memajukan bidang olahraga di Papua, termasuk persepakbolaan Papua.

"Persipura dan tim lainnya akan menjadi perhatian untuk kita. Kita akan buat pertandingan sepakbola antar kabupaten, misalnya, sehingga sepakbola yang menjadi kebanggaan kita bisa berkembang. Termasuk cabang olahraga lain," katanya.

(Baca Juga: Berkunjung ke Pasar Youtefa Jayapura, John Wempi Prihatin Pasar Kerap Banjir)

Sekadar diketahui, sosok JWW adalah Ketua Pengurus Besar POBSI (Persatuan Olahraga Bilyar Seluruh Indonesia). Selain itu, bupati Kabupaten Jayawijaya ini juga memiliki hobi menyelam dan ini membuat namanya cukup dikenal dikalangan penyelam. JWW juga diklaim sebagai putra asli pegunungan tengah Papua yang menyukai olahraga selam berbeda dengan yang lain.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini