nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tips Simple Bangun Networking Sebelum Lulus Kuliah

Agregasi Minggu 01 April 2018 09:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 28 65 1879377 7-tips-simple-bangun-networking-sebelum-lulus-kuliah-zlohdBlf96.jpg Foto: Shutterstock

Membangun networking sebenarnya sudah bisa dimulai dari bangku kuliah, lho. Justru jaringan yang dibangun sejak kuliah akan sangat membantu kamu untuk menemukan karier yang tepat setelah lulus. Bingung cara melakukannya? Terapkan tips networking untuk mahasiswa berikut.

1. Gunakan status mahasiswa dengan baik

Sebagai mahasiswa, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan kontak alumnus perguruan tinggimu. Manfaatkan hal ini untuk membangun hubungan dengan mereka. Para alumni pasti akan dengan senang hati membantumu menemukan karier yang tepat dengan memberikan saran hingga tawaran pekerjaan.

2. Bangun relasi dengan orang tua teman

Tidak hanya dengan teman kampus, bangunlah hubungan baik dengan orang tua temanmu juga. Dengan pengalaman dan jaringan yang jauh lebih luas, kamu bisa mendapatkan saran yang berharga dari mereka untuk membantu menentukan jalan karier.

3. Keluar dari zona nyaman

Jangan biarkan dirimu terisolasi dengan siklus kuliah-liburan-kuliah-liburan. Sesekali cobalah hadiri seminar atau pelatihan sesuai bidang yang kamu gemari di hari libur. Dari sini kamu bisa membangun jaringan baru dengan orang-orang yang lebih berpengalaman di bidang tersebut.

4. Ikut kegiatan kemahasiswaan

Hampir semua kampus punya organisasi dan kegiatan kemahasiswaan. Bergabung dengan salah satunya bisa memperluas jaringan kamu dengan teman-teman baru.

5. Manfaatkan media sosial

Gunakan media sosial untuk terhubung dengan orang yang berpengaruh di bidangmu. Selain media sosial seperti Facebook dan Instagram, media sosial untuk profesional seperti LinkedIn bisa kamu manfaatkan untuk memperluas networking.

6. Membangun hubungan baik dengan dosen

Sadarkah kamu kalau selama kuliah kamu sering berhadapan dengan ahli-ahli ilmu akedemik di berbagai bidang? Jangan ragu untuk mengenal dan bertanya mengenai bidang yang jadi ketertarikanmu pada para dosen. Mereka pasti akan dengan senang hati berbagi pengetahuan denganmu.

7. Mencoba magang juga bisa membantu

Jika kamu punya waktu luang, cobalah pekerjaan paruh waktu atau magang. Magang itu sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan dan memperluas jaringan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk jadi karyawan full-time dari kegiatan ini. Bisa bermanfaat juga untuk tambah nilai CV kamu.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini