nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paus Fransiskus Mengaku Idap Katarak, Akan Jalani Operasi Tahun Depan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 31 Maret 2018 03:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 30 18 1880160 paus-fransiskus-mengaku-idap-katarak-akan-jalani-operasi-tahun-depan-JV0id6ggGk.jpg Paus Fransiskus. (Foto: Reuters)

ROMA – Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus mengungkapkan bahwa dirinya menderita katarak dan diharapkan akan melakukan operasi tahun depan.

BACA JUGA: Paus Fransiskus Sebut Penyebaran Hoax Adalah Perbuatan Setan

Kabar itu diungkapkan Paus dalam kunjungan ke sebuah penjara di Roma, Italia, saat menjawab komentar dari direktur penjara mengenai pentingnya memandang jauh ke depan terkait rehabilitasi narapidana.

"Ini bagus. Karena di usia saya, misalnya, katarak datang dan seseorang tidak melihat kenyataan dengan baik. Tahun depan kami harus menjalani operasi,” ujar Paus Fransiskus sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (31/3/2018).

Penyakit katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang seringkali dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Operasi katarak adalah langkah umum yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Paus Fransiskus belum pernah dirawat di rumah sakit sejak diangkat sebagai pemimpin umat Katolik pada 2013. Secara umum pria berusia 81 tahun berada dalam kondisi kesehatan yang baik.

BACA JUGA: Mata dan Alis Paus Fransiskus Lebam Saat Kunjungi Kolombia,

Dia mengalami luka di alis dan bagian bawah matanya saat melakukan kunjungan ke Kolombia tahun lalu. Saat itu dilaporkan Paus kehilangan keseimbangan sehingga jatuh dan sisi kiri wajahnya menghantam batang besi mobil kepausan. Namun, kejadian itu hanya menimbulkan luka bengkak yang segera diobati dengan perban.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini