nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lestarikan Adat dan Budaya, Perindo Klungkung Gelar Upacara Potong Gigi Massal

Nurul Hikmah, Jurnalis · Sabtu 31 Maret 2018 21:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 31 340 1880503 lestarikan-adat-dan-budaya-perindo-klungkung-gelar-upacara-potong-gigi-massal-a8q52YkoJs.jpg DPD Perindo Klungkung gelar upacara potong gigi massal, Sabtu (31/3/2018). (Foto: Nurul Hikmah/Okezone)

KLUNGKUNG – DPD Partai Perindo Klungkung menggelar upacara manusia yadnya mepandes (potong gigi) di Desa Tihingan, Banjarangkan, Klungkung, Sabtu (31/3/2018).

Ketua DPD Partai Perindo Klungkung, Sastrawan Rita mengatakan, ada 50 anak yang mengikuti upacara potong gigi dari Desa Tihingan, Banjarangkan, Klungkung.

"Filosofi upacara manusia yadnya mepandes (potong gigi) sesuai agama Hindu di Bali adalah menghilangkan musuh yang ada pada diri manusia yang disebut Sadripu," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan pelestarian tradisi adat, budaya, agama Hindu.

"Upacara ini juga sebagai mecaru yang bertujuan pembersihan pekarangan alam semesta dari roh jahat yang mengganggu kehidupan manusia," tegasnya.

(Baca Juga: Hary Tanoe Minta Seluruh Kader Perindo untuk Bekerja Keras & Berkualitas)

Dia menjelaskan, antusias masyarakat terhadap upacara ini sangat tinggi sehingga ada puluhan anak yang ikut potong gigi massal.

"Ini merupakan agenda dari partai kami untuk melestarikan adat budaya dan agama. Pastinya kami akan terus agenda kegiatan seperti ini," ungkapnya.

Upacara tersebut dihadiri oleh calon Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang didukung Partai Perindo.

(Baca Juga: Hary Tanoe: Kader Perindo Harus Menang Pemilu Legislatif & Eksekutif!)

"Untuk acara tadi dimulai potong gigi sampai semua selesai. Dan diteruskan dengan sembahyang bersama di tempat upacara untuk yang maha kuasa serta natab sajen untuk keselamatan para peserta yang dipimpin oleh pendeta," pungkasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini