nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panglima TNI-Kapolri Jamin Suhu Politik di Pilkada 2018 Tak Ganggu Pelaku Bisnis

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 02 April 2018 20:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 02 512 1881203 panglima-tni-kapolri-jamin-suhu-politik-di-pilkada-2018-tak-ganggu-pelaku-bisnis-pKhDXeZA3d.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai menghadiri suatu acara di Akpol Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/4/2018). (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG – Suhu politik yang kian memanas menjelang Pilkada Serentak 2018 dipastikan tak akan mengganggu stabilitas nasional. Pelaku usaha juga diimbau tak khawatir dengan kondisi keamanan karena mendapat jaminan dari aparat Polri bersama TNI.

"Harapan kita pesta demokrasi ini berjalan aman dan damai sehingga untuk masyarakat tidak perlu khawatir. Para pelaku usaha juga tidak perlu khawatir, insya Allah semua bisa berjalan aman," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai memberi pengarahan kepada prajurit TNI dan Polri di Akpol Semarang, Senin (2/4/2018).

Dia menambahkan, TNI dan Polri berkomitmen menjaga keamanan pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Komitmen itu akan dilaksanakan mulai dari pucuk pimpinan hingga satuan paling bawah yang tersebar di seluruh wilayah NKRI.

"Sesuai dengan MoU antara TNI dan Polri, TNI akan menjunjung langkah-langkah Polri dalam rangka pengamanan pesta demokrasi 2018 dan 2019, sehingga harus satu komando dari atas yaitu Panglima TNI dan Kapolri. Hingga satuan paling bawah yang tersebar di seluruh wilayah NKRI semua memiliki pola pikir dan pola tindak yang sama," terangnya.

(Baca Juga: Panglima TNI-Kapolri Roadshow untuk Dinginkan Suhu Politik Jelang Pilkada)

Dalam kesempatan itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menambahkan, pilkada merupakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin. Untuk itu, semua lapisan masyarakat diminta tak khawatir dengan isu-isu negatif dan kampanye hitam. Sebab, Polri dan TNI menjamin proses demokrasi berlangsung aman.

"Tidak perlu ditakuti, (Pilkada) ini adalah bagian dari proses demokrasi yang biasa saja untuk memilih pemimpin. Jadi untuk teman-teman pelaku usaha silakan berusaha, jangan khawatir. Bapak Panglima TNI dan Kapolri menjamin usaha bapak-bapak enggak akan terganggu. Situasi insya Allah akan aman," tegasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini