nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Riwayat Bus PPD, Banteng yang "Dikubur" Transjakarta

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 03 April 2018 10:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 03 15 1881337 riwayat-bus-ppd-banteng-yang-dikubur-transjakarta-3QCdwrTDBC.jpg Foto: Abu Sahma Pane/Okezone

JAKARTA - Senja kala bus PPD yang beroperasi di Jakarta terlihat sekira 2013. Saat itu angkutan massal Transjakarta jor-joran membuka berbagai rute.

Aksi perusahaan BUMD itu benar-benar mengubur bus PPD tersebut. Terbukti, sekarang Selasa (4/3/2012) bus PPD sudah terlihat di Ibu Kota. Lalu apa kabarnya bus legendaris itu?

Rupa-rupanya bulan lalu ia menampakkan diri di pameran Indonesia Classic N Unique Bus 2018 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Tampak bus itu tak lagi memiliki motif garis kuning di bodinya. Yang ada adalah putih polos.

 

[Baca Juga: Inspirasi Jalanan! Meski Sudah Renta Bus Fuso 1963 Sanggup Libas 466 Km]

Di ruang pameran itu, bus PPD berdiri berdekatan dengan Transjakarta, angkutan massal yang menyingkirkannya.

Bus PPD itu sendiri merupakan Mercedes-Benz lawas tipe OH 1113. Diproduksi pada 1991 dengan karoseri rancangan German Motor Manufacturing.

 

Selain digunakan sebagai bus PPD, pada 1991 Mercedes-Benz OH 1113 juga dipakai untuk melayani anggota DPR RI. Sangking kuatnya armada ini, bus tersebut dijuluki Banteng.

"(Ini) salah satu model yang populer di Era 90an dengan julukan Banteng," demikian keterangan tertulis di dekat bus PPD yang dipamerkan di Jakarta International Expo.

[Baca Juga: Menengok Bus Kayu yang Klasik, Manaikinya Serasa Dibawa ke Zaman Old]


(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini