Relawan Esthon-Chris Gelar Nonton Bareng Debat Pilgub NTT Putaran I

Adi Rianghepat, Okezone · Kamis 05 April 2018 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 05 340 1882473 relawan-esthon-chris-gelar-nonton-bareng-debat-pilgub-ntt-putaran-i-XpIb5nANdr.jpg Esthon F dan Chris Rotok (foto: Adi R/Okezone)

KUPANG - Relawan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Esthon Foenay-Chris Rotok menggelar acara nonton bersama debat pasangan calon putaran I yang disiarkan langsung iNews TV, pada Kamis 5 April pukul 19.00 WIB atau 20.00 WITA.

"Setiap posko pemenangan dan sekretariat pemenangan pasangan Esthon-Chris yang menyebar di 22 kabupaten dan kota serta 307 kecamatan dan 3.323 desa dan kelurahan akan menggelar nonton bersama debat malam ini," kata seorang Tim Pemenangan Pasangan Esthon-Chris, Abdul Muis yang dihubungi di Kupang, Kamis (5/4/2018).

Esthon Foenay-Chris Rotok (foto: Okezone)

(Baca Juga: Pasangan Esthon-Chris Ngaku Tak Butuh Persiapan Jelang Debat Pilgub NTT Putaran I)

Dia mengatakan, semangat dukungan yang ada di setiap pundak simpatisan dan relawan Esthon-Chris terus ada dalam setiap kesempatan pasangan itu melakukan kampanye. Dan di kesempatan debat yang dilakukan di Jakarta tersebut, simpatisan dan relawan yang berada di seluruh wilayah kepulauan itu akan tetap menyaksikan bagaimana jagoannya menyampaikan segala program kerja 5 tahun ke depan, khususnya di bidang infrastruktur dan ekonomi sebagai tema utama dalam debat putaran I ini.

"Nonton bersama itu selain lebih merekatkan semangat dukungan kepada Pak Esthon-Chris tetapi juga sebagai wahana memancing warga lainnya ikut bersama mendukung pasangan ini," urainya.

Menurut Abdul, tak terhitung titik pelaksanaan nonton bersama para pendukung dan simpatisan Esthon-Chtis itu. Bahkan pelaksanaan nonton bersama di seluruh wilayah NTT itu justru dilaukan secara mandiri. "Tak pernah ada arahan khusus dari pak Esthon dan pak Chris namun masyarakat dengan sendirinya dan mandiri melakukannya," sambungnya.

Masyarakat pendukung dan relawan serasa tak mau meninggalkan begitu saja momentum debat tersebut. "Mumpung bisa disiarkan secara langsung maka para pendukung pun menginisiasi nonton bersama itu," tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur merancang debat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur selama tiga tahap yaitu, tahap I pada 5 April, tahap II di bulan Mei dan di tahap III pada Juni mendatang. Debat tiga tahap itu dilakukan di stasiun TV iNews di Jakarta.

Pelaksanaan debat yang dilakukan di studi iNews Jakarta disebabkan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. Alokasi anggaran yang ada untuk pelaksanaan debat hanya Rp1,6 miliar dan itu untuk tiga kali pelaksanaan. Artinya setiap kali debat akan memakan anggran Rp500 juta.

Sementara jika harus dilakukan di Kupang maka anggaran yang harus disediakan sekali debat senilai Rp3 miliar lebih. Artinya untuk tiga kali debat harua teralokasi anggaran Rp9 miliar lebih.

(Baca Juga: Esthon-Chris: Potensi Wisata Pulau Timor Gagasan Baru Peningkatan Ekonomi Masyarakat)

Di pelaksanaan debat putaran I ini, KPU memberikan tema ekonomi dan infrastruktur. Sementara pada tahap II di Mei mendatang akan berbicara soal reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi serta di tahap III akan mengulas soal pendidikan dan kesehatan.

Dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serentak 2018 ini, terdapat empat kontestan masing-masing Esthon Foenay-Chris Rotok, Marianus Sae-Emiliana Nomleni, Benny K Harman-Benny Litelnoni serta pasangan calon Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini