Image

Pilgub Sumut 2018, KPU Lakukan Pendataan Pemilih di Lapas Anak Medan

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 18:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 05 340 1882666 pilgub-sumut-2018-kpu-lakukan-pendataan-pemilih-di-lapas-anak-medan-CVRseiIik6.jpg Pendataan KPU Sumut di Lapas Anak Medan (foto: Wahyudi/Okezone)

MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara melakukan pendataan calon pemilih ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Medan, Kamis (5/4/2018). Pendataan dilakukan dalam rangka memenuhi hak konstitusuional anak yang menjadi warga binaan lapas dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Sumatera Utara 2018.

Komisioner KPU Kota Medan, Pandapotan Tamba mengatakan, dalam pendataan ini pihak bekerjasama langsung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Dalam melakukan pendataan tersebut, Disdukcapil melakukan perekaman data terhadap para penghuni lapas anak yang saat ini belum memiliki KTP Elektronik.

(Baca Juga: Musa Rajekshah Ajak Mahasiswa Peduli Politik)

"Syarat untuk dapat menjadi pemilih pada Pilgubsu 2018 kan memiliki KTP elektronik maupun surat keterangan pengganti KTP bagi yang belum memiliki. Itu yang kita lakukan hari ini, agar anak yang menjadi calon pemilih potensial, bisa mendapatkan hak-haknya," kata Pandapotan.

Pendataan KPU Sumut di Lapas Anak Medan (foto: Wahyudi/Okezone)

Pandapotan menjelaskan, pendataan dan perekaman data penghuni lapas anak menjadi salah satu bagian penting dalam proses pendataan calon pemilih yang saat ini sedang berlangsung untuk Pilgub Sumut 2018.

Sebab, dari hasil pengataman mereka sebelumnya sangat banyak ditemukan warga Kota Medan pada lapas yang tidak memiliki KTP Elektronik sehingga dikhawatirkan tidak dapat masuk sebagai pemilih.

"Nah dengan adanya pendataan ini maka mereka nantinya tentu akan bisa masuk data sebagai pemilih" ujarnya.

Diketahui, penghuni lapas anak yang memenuhi syarat dari sisi usia untuk menjadi pemilih pada Pilgub Sumut 2018 terancam tidak dapat memilih, karena banyak yang tidak memiliki kartu identitas kependudukan. Data yang disampaikan oleh pihak Kanwil Kemenkumham Sumut kepada KPU Sumut mencapai 25.048 yang tersebar pada seluruh lapas yang ada di Sumatera Utara.

(Baca Juga: Partai Koalisi Eramas Target 60% Suara di Pilgub Sumut 2018)

Data ini sendiri menurut Komisoner KPU Sumut, Nazir Salim Manik sudah mereka distribusikan kepada seluruh KPU kabupaten/kota agar ditindaklanjuti bersama dengan Disdukcapil setempat terkait pendataan.

"Kita sudah sampaikan data ini per kabupaten/kota. Nanti mereka yang akan menindaklanjuti pendataannya," tukasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini