nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulus Kuliah, Langsung Kerja atau Lanjut S-2 Ya?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 11:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 07 65 1883452 lulus-kuliah-langsung-kerja-atau-lanjut-s-2-ya-vux5SDgcDZ.jpg Foto: Dok Istimewa

JAKARTA - Buat kamu yang berada di semester terakhir atau baru saja menggenggam ijazah di tangan. Kamu akan mendengar beberapa pertanyaan yang akan mampir di telinga, seperti lanjut S-2 atau kerja dimana.

Ini mungkin bukan situasi yang mudah dijawab untuk kalian yang masih ragu menentukan pilihan melanjutkan kuliah ke sekolah pascasarjana atau terjun langsung untuk bekerja.

Dilansir dari Her Campus, ahli strategi karier dan penulis Rick Gillis dan Penasihat Pelayanan Karir Universitas Pace Nicole Catalfamo akan membantu kamu mempertimbangkan apa yang perlu kamu pilih. Berikut beberapa pertimbangan yang bisa kalian pikirkan. Simak yuk.

1. Pertimbangkan jurusanmu

Banyak ratusan bidang jurusan di universitas, beberapa bidang mungkin mengharuskan kamu memiliki gelar yang lebih tinggi untuk jenjang karier yang lebih baik. Misalnya pada bidang kedokteran dan pengajaran, dalam kedokteran mungkin kamu harus belajar spesialis lagi atau dalam pengajaran kamu harus lulus S-2 untuk menjadi dosen.

2. Pertimbangkan keuangan

Dalam banyak hal uang adalah faktor utama yang membuat banyak mahasiswa berpikir untuk melanjutkan studinya. Jika pertimbangannya mengenai masalah keuangan, kalian harus mencoba untuk berpikir pada diri sendiri apakah gelar yang lebih tinggi akan memungkinkan bagi kamu untuk menghasilkan lebih banyak uang.

3. Pertimbangkan tujuan karier

Bagi sebagian orang yang pernah di wawancarai mungkin pernah ditanya mengenai pandangan karier dalam lima tahun ke depan. Nah, coba renungkan pertanyaan tadi dan jawabannya akan membantu kamu menentukan apakah kamu harus sekolah S-2 atau masuk ke "dunia nyata" dengan bekerja.

4. Pertimbangkan waktu

Pergi ke sekolah pascasarjana tidak hanya membutuhkan uang, tetapi juga membutuhkan waktu. Melanjutkan ke sekolah pascasarjana dan bekerja pada waktu yang bersamaan mungkin bisa terjadi. Stephanie Trupel, seorang mahasiswa di Pace University, saat ini bekerja dan mengambil kelas paruh waktu untuk gelar sarjananya. Ia sedang mempertimbangkan untuk melakukan hal yang sama untuk gelar S-2 nya di masa depan.

"Saya ingin mengambil cuti setelah sarjana saya di bulan Mei dan mendapatkan lebih banyak pengalaman kerja sebelum lulus sekolah," katanya. "Saya akan mempertimbangkan untuk bekerja sambil mendapatkan gelar S-2."

Nah, jika kamu dapat melakukan hal ini, Kamu akan mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia tersebut, pengalaman kerja dan gelar yang lebih tinggi.

5. Ikuti kata hati

Nah, dari sekian pertimbangan tips yang sudah diberikan tadi mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang masih bingung akan melajutkan S-2 atau bekerja. Namun, kebutuhan dan keinginan itu mungkin kamu yang lebih tahu dan menyadarinya. Jadi, jangan tergesa-gesa menentukan pilihan dan pilihlah saat hati kamu sudah mulai mantap untuk pergi ke jenjang gelar berikutnya atau bekerja, atau bahkan keduanya. Semoga berhasil!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini