nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sunting Camilla, Pangeran Charles Menikah untuk Kedua Kalinya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 09 April 2018 06:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 08 18 1883793 sunting-camilla-pangeran-charles-menikah-untuk-kedua-kalinya-6c56fmLBVH.jpg Pangeran Charles dan Camilla Bowles akhirnya mengikat janji suci pernikahan (Foto: Chris Ison/AFP)

PANGERAN Kerajaan Inggris, Charles, akhirnya menikahi kekasih yang sebelumnya dikabarkan sebagai simpanannya, Camilla Parker Bowles, di Windsory Guildhall, sekira 48 kilometer sebelah selatan London. Pernikahan kedua bagi Charles tersebut hanya berlangsung secara sipil atau negara pada 9 April 2005.

Charles dan Camilla sedianya menikah pada 8 April 2005. Akan tetapi, pernikahan sengaja diundur satu hari agar tidak bentrok dengan prosesi pemakaman Paus Yohanes Paulus II. Yang menarik, Ibu Charles sekaligus Ratu Inggris, Elizabeth II, tidak hadir dalam upacara mengikat janji sehidup semati itu.

Setelah pernikahan secara negara, Uskup Agung Canterbury, Rowan Williams, memberkati ikatan keduanya sebagai perwakilan dari Gereja Anglikan Inggris dalam upacara terpisah. Kali ini, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip datang dalam seremoni yang digelar di Kapel Saint George, Kastil Windsor tersebut.

Melansir dari History, Senin (9/4/2018), sekira 20 tahun sebelumnya, yakni pada 29 Juli 1981, Pangeran Charles menikah dengan Lady Diana Spencer. Pernikahan anggota kerajaan itu menyita perhatian sekira 750 juta pasang mata yang menyaksikan lewat televisi.

Akan tetapi, indahnya proses pernikahan antara Pangeran Charles dengan Lady Di, sapaan akrab Diana, tidak diikuti dengan kehidupan rumah tangga yang harmonis. Keduanya sama-sama dirumorkan terlibat perselingkuhan dengan wanita dan pria simpanan.

Pasangan Pangeran Charles dan Putri Diana mulai hidup terpisah pada 1992. Dalam sebuah wawancara, Diana mengaku ada orang ketiga dalam pernikahannya. Orang ketiga itu disinyalir adalah Camilla Parker Bowles, simpanan sang pangeran. Pada 1996, Charles dan Diana resmi bercerai.

Charles pertama kali bertemu dengan Camilla Shand pada 1970 di sebuah pertandingan olahraga Polo. Keduanya sempat menjalin hubungan, tetapi mulai kandas ketika Charles masuk ke Angkatan Laut. Meski sudah menikah dengan Andrew Parker Bowles pada 1973, Camilla tetap menjalin hubungan dengan Charles sebagai seorang teman.

Akan tetapi, banyak yang meyakini bahwa hubungan keduanya lebih dari sekadar teman, bahkan setelah Pangeran Charles menikah dengan Putri Diana pada 1981. Di sisi lain, Andrew Parker Bowles dan Camilla Shand akhirnya bercerai pada 1995.

Tidak populernya Camilla membuat masyarakat Inggris tidak banyak menaruh perhatian padanya hingga 1999, ketika perempuan itu terlihat mendampingi Pangeran Charles. Sekira delapan tahun setelah kematian Lady Di yang tragis di Prancis pada Agustus 1997, cinta antara Charles dan Camilla akhirnya berlabuh di jenjang pernikahan.

Secara teknis, Camilla berhak menyandang gelar Princess of Wales mengingat Charles bergelar sebagai Prince of Wales. Namun, ia lebih memilih gelar Duchess of Cornwall demi menghormati Lady Diana yang sebelumnya bergelar sebagai Princess of Wales.

Jika Charles kelak menjadi Raja Inggris, maka secara otomatis ia akan menyandang sebutan Ratu Camilla. Akan tetapi, lagi-lagi Camilla memilih menggunakan gelar sebagai Tuan Putri, yang diyakini sebagai dampak dari penolakan publik Inggris atas gelar Ratu Camilla.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini