Banjir Bandang dan Longsor Terjang Bogor, 1 Orang Meninggal

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Minggu 08 April 2018 11:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 08 338 1883706 banjir-bandang-dan-longsor-terjang-bogor-1-orang-meninggal-1GiBotcxmL.jpg Banjir bandang di Bogor menewaskan satu orang. (Foto: Putra Ramadhani Astyawan/Okezone)

BOGOR – Sebanyak enam rumah warga yang berada di Kampung Cisarua, RT 04 RW 05, Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, rusak diterjang tanah longsor dan banjir bandang.

Komandan Kodim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Inf Fransisco mengatakan, musibah tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur Kecamatan Sukamakmur sekira pukul 18.40 WIB pada Sabtu 7 Maret 2018.

"Banjir bandang dan longsor itu karena luapan air dari Kali Cisarua akibat hujan deras Sabtu kemarin. Data sementara, ada enam bangunan rumah warga yang rusak berat," kata Fransisco, Minggu (8/4/2018).

Selain rumah warga, musibah tersebut juga menelan 12 unit kendaraan. Tidak hanya itu, longsor serta banjir bandang memutus jalan yang menguhubungkan Sukamakmur dengan Cipanas di Kabupaten Cianjur.

"Saat ini jalan belum bisa dilalui kendaraan karena tertutup longsor dan banjir bandang," jelasnya.

Akibat kejadian tersebut, seorang nenek bernama Mari (70) meninggal dunia karena tertimbun tanah longsor. Sementara enam warga lainnya yakni Entos, Mista, Amir, Olih, Diman, dan Yanto bisa selamat.

"Kami sudah menerjunkan anggota ke lokasi untuk membantu mengevakuasi material longsor dan banjir bandang. Kami juga berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor dan instansi lainnya," ungkapnya.

Selain di Kecamatan Sukamakmur, bencana banjir juga terjadi di Desa Batu Layang, Cisarua, Kabuapaten Bogor. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sebuah jembatan putus diterjang banjir.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini