UNBK Hari Pertama, Banyak Siswa Datang Terlambat ke Sekolah

Prayudha, Jurnalis · Senin 09 April 2018 15:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 09 65 1884143 unbk-hari-pertama-banyak-siswa-datang-terlambat-ke-sekolah-vHnRECkzw4.jpg Foto:: Prayudha/Okezone

MAKASSAR - Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA di Sulawesi Selatan sudah 100%. Sejumlah siswa terpantau datang terlambat di hari pertama pelaksanaan UNBK hari ini. Salah satunya di SMA 1 Makassar yang merupakan sekolah percontohan di Sulsel.

Hal itu terlihat saat Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo bersama Anggota DPRD Provinsi Sulsel Syaharuddin melakukan pemantauan di beberapa sekolah yang ada di Makassar, Senin (9/4/2018).

Kepala sekolah SMA 1 Makassar, Syahfruddin mengatakan, di antara ribuan siswa yang terdata sedikitnya ada 400 lebih siswa yang mengikuti UNBK. Sebagian dari mereka terlambat tiba di sekolah dikarenakan padatnya pertumbuhan kendaraan yang terjadi di Kota Makassar.

"Masih ada beberapa yang terlambat masuk dikarenakan jauhnya jarak rumah dari sekolah sekaligus juga padatnya pertumbuhan kendaraan dan kemacetan di Makassar," kata Syahfruddin.

Ia menjelaskan, pelaksanaan UNBK terpaksa harus dibagi menjadi tiga sesi waktu sebab kondisi bangunan dan kelas tidak mendukung untuk menampung peserta.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sulsel Syaharuddin mengatakan, dari hasil pemantauan 90% pelaksanaan UNBK sudah dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

"Sudah hampir 100% memadati kebutuhan berbasiskan dengan komputer. Meskipun masih ada kekurangan dan keterlambatan siswa dalam mengikuti ujian misalnya," jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan UNBK menjamin tidak ada kebocoran soal, karena sudah menggunakan sistem komputerisasi. Selain itu, soal yang diberikan pada siswa berbeda-beda, sehingga siswa tidak bisa saling diskusi dan menyontek.

"Beberapa tempat sudah dilakukan pemantauan dari alat canggih yang ada di kantor (Disdik Sulsel). Dimana masyarakat pulau juga telah mengikuti proses tersebut," bebernya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini