Image

Trump Akan Temui Jong-un pada Mei atau Awal Juni

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 09:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 10 18 1884442 trump-akan-temui-jong-un-pada-mei-atau-awal-juni-Efd2gR0sfx.jpg Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, dirinya berencana untuk bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un pada Mei atau awal Juni mendatang. Ia berharap diskusi dapat mencapai tujuan akhir yakni berakhirnya program senjata nuklir Korea Utara.

“Kami akan bertemu dengan mereka pada Mei atau awal Juni dan saya pikir akan ada rasa hormat yang tinggi dari kedua pihak dan saya berharap kami akan mencapai kesepakatan terkait denuklirisasi Korea Utara,” ujar Donald Trump jelang rapat kabinet, melansir dari Reuters, Selasa (10/4/2018).

“Mereka mengatakannya. Kami juga mengatakannya. Saya berharap hubungan yang terjalin akan sangat berbeda dari yang sudah berlangsung untuk waktu yang lama,” imbuh pria berusia 72 tahun itu.

BACA JUGA: Trump Siap Bertemu Kim Jong-un pada Mei 

Pernyataan Presiden Donald Trump diungkapkan hanya beberapa jam sebelum Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyinggung rencana pertemuan dengan AS dan Korea Selatan untuk pertama kalinya di rapat internal Partai Pekerja Korea. Ia membahas sejumlah isu strategis dan taktis terkait rencana pertemuan.

“Kim Jong-un mengatur sejumlah isu strategis dan teknis yang harus dijaga oleh Partai Pekerja Korea termasuk kebijakan masa depan mengenai hubungan internasional dan orientasinya,” tulis kantor berita resmi Korea Utara, KCNA.

Pernyataan dua kepala negara itu muncul setelah pejabat pemerintah AS mengonfirmasi adanya keinginan komitmen Korut untuk denuklirisasi. Konfirmasi itu didapat setelah Washington dan Pyongyang sama-sama menjalin komunikasi secara rahasia lewat kanal-kanal intelijen.

BACA JUGA: AS Konfirmasi Komitmen Korut untuk Denuklirisasi 

Sebagaimana diberitakan, Donald Trump menyatakan siap untuk bertemu Kim Jong-un pada Mei mendatang usai menerima kunjungan Utusan Khusus Kepresidenan Korea Selatan, Chung Eui-yong, pada Maret lalu. Eui-yong satu pekan sebelumnya bertemu dengan Kim Jong-un di Pyongyang.

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Keamanan Nasional Korea Selatan itu menyampaikan pesan khusus dari Kim Jong-un untuk Donald Trump. Selain pesan khusus, Jong-un ternyata juga mengundang Trump untuk bertemu, yang kemudian direspons Presiden AS ke-45 itu dengan antusias.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini