nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Rumah Warga di Banjarbaru Ludes Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Agregasi Antara, · Kamis 12 April 2018 12:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 12 340 1885632 8-rumah-warga-di-banjarbaru-ludes-terbakar-diduga-akibat-korsleting-listrik-rjcrV4mxPC.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

BANJARBARU - Sebanyak delapan bangunan rumah di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), musnah terbakar dalam peristiwa kebakaran yang terjadi pada Kamis (12/4/2018) dini hari tadi sekitar pukul 02.00 Wita.

Kapolres Banjarbaru, AKBP Kelana Jaya mengatakan, petugas masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran yang menghanguskan rumah tinggal warga di RT 5 dan RT 7 Kelurahan Cempaka itu.

"Kami masih melakukan penyelidikan dan meminta keterangan saksi terutama yang rumahnya terbakar. Dugaan sementara kebakaran karena terjadi korsleting listrik di salah satu rumah yang terbakar," ujarnya.

Menurutnya, delapan rumah yang musnah terbakar dihuni kepala keluarga yakni milik Udin (Mutaroh), Mahlan, Muhlis, Tabrani, Yunus, Haris, Herman dan Tohlah. Disebutkan, hampir seluruh rumah yang terbakar di tepi ruas Jalan Mistar Cokrokusumo Kecamatan Cempaka itu, musnah dilalap kobaran api dan pemilik rumah banyak yang tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga miliknya.

"Kobaran api cepat membesar karena seluruh rumah yang terbakar terbuat dari kayu sehingga pemilik tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga, termasuk satu unit sepeda motor ikut terbakar," paparnya.

Dijelaskan, kobaran api baru bisa dipadamkan sejumlah petugas Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) yang mendatangi lokasi kejadian dan api baru bisa dijinakan sekitar satu setengah jam setelah terjadinya kebakaran.

Dikatakan, musibah kebakaran itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa tetapi kerugian yang ditimbulkan cukup besar mencapai ratusan juta karena banyaknya rumah yang terbakar dan musnah tinggal puing setelah dilalap si jago merah.

"Korban jiwa tidak ada, hanya pemilik rumah yang masih syokkarena tempat tinggalnya musnah terbakar. Petugas di lapangan juga berupaya memintai keterangan mereka tetapi masih kesulitan karena syok," ujarnya.

Pihaknya lanjut Jaya, telahberkoordinasi dengan Pemerintah Kota Banjarbaru melalui dinas terkait baik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun Dinas Sosial untuk membantu warga yang terkena musibah tersebut.

"Semua data sudah kami sampaikan ke dinas dan instansi terkait sehingga diharapkan secepatnya dikirimkan bantuan untuk meringankan beban mereka yang mengalami musibah kebakaran itu," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini