Yuk intip Info Menarik Kuliah di Brasil

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 10:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 12 65 1885826 yuk-intip-info-menarik-kuliah-di-brasil-av3jgVywst.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Brasil merupakan negara dengan ekonomi berkembang, namun juga memiliki jumlah universitas yang mengesankan di QS World University Rankings.

Dilansir dari Top University, Selasa (10/4/2018), ada lebih dari 2.300 lembaga pendidikan tinggi di Brasil yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Brasil (MEC) sehingga ada banyak peluang menarik bagi siswa internasional yang ingin kuliah di Brasil.

Lebih lanjut lagi, dalam QS Latin America University Rankings 2018, Brasil mengklaim 83 dari 400 universitas teratas di wilayah ini, jauh lebih banyak daripada negara lain di mana pun. Selain itu, sistem pendidikan tinggi Brasil menempati peringkat 22 terbaik di dunia.

Menarik bukan? Nah, kita bahas lebih lanjut yuk mengenai sistem pendidikan dan beberapa daftar universitas yang mungkin bisa mejadi pilihan yang pas untuk kamu yang ingin kuliah di Brasil, berikut informasi menariknya.

1. Seperti apa sistem pendidikan tinggi Brasil?

Sama seperti di Indonesia, gelar sarjana (bachelor's) dikenal sebagai bacharelado dan memakan waktu antara tiga dan enam tahun untuk menyelesaikannya. Kemudian, untuk para calon guru dapat mengambil gelar lisensi (licenciatura), yang membutuhkan waktu tiga hingga empat tahun untuk diselesaikan, sementara gelar teknologi (tecnologia) menawarkan kursus profesional yang sangat terspesialisasi seperti manajemen pariwisata atau agribisnis dan memakan waktu antara dua dan tiga tahun.

Kualitas pedidikan merupakan bagian integral dari pendidikan tinggi di Brasil, dengan program pascasarjana dievaluasi setiap dua tahun. Program dengan skor rendah dimonitori secara ketat oleh CAPES (Coordenacão de Aperfeiçoamento de Pessoal de Nível Superior ), yang merupakan Badan Federal Brasil untuk dukungan dan evaluasi pendidikan pascasarjana. Nah, setelah ini kita akan mengintip beberapa universitas di Brasil simak ya.

2. Universidade de São Paulo (USP)

Lembaga peringkat tertinggi di Brasil, Universidade de São Paulo (USP) adalah peringkat 121 di dunia dan ketiga di Amerika Latin pada tahun 2018. Merupakan universitas publik terbesar Brasil, dengan 94.875 siswa yang terdaftar pada 11 kampus.

3. Universidade Estadual de Campinas (Unicamp)

Universidade Estadual de Campinas (UNICAMP) saat ini menduduki peringkat kedua di Amerika Latin dan peringkat 182 di dunia. Universitas ini didirikan pada tahun 1966 dan memiliki sekira 35.650 siswa di tiga kampus, termasuk 16.655 mahasiswa pascasarjana. Selain itu, beberapa jurusannya masuk dalam 50 besar peringkat global, seperti kedokteran gigi, pertanian dan kehutanan.

4. Universidade Federal Rio de Janeiro

Kampus ini masuk ke dalam peringkat ke-tujuh di Amerika latin dan peringkat ke 311 dunia menurut QS World University Rankings 2018. Universidade Federal do Rio de Janeiro (UFRJ) adalah universitas tertua di Brasil, didirikan pada tahun 1792. Saat ini, sekira 67.000 siswa terdaftar dan universitas memiliki beberapa museum, rumah sakit dan fasilitas penelitian di sekitar kota Rio de Janeiro. UFRJ adalah peringkat di antara universitas-universitas top dunia untuk 33 mata pelajaran dan masuk dalam top 50 global untuk jurusan antropologinya.

5. Universidade Estadual Paulista (UNESP)

Universidade Estadual Paulista (UNESP) menempati peringkat ke- 10 di Amerika Latin. Didirikan pada tahun 1976. UNESP adalah salah satu dari enam universitas negeri di negara bagian São Paulo. Jurusan kedokteran gigi dan ilmu kedokteran hewan masuk dalam top 50.

6. Universidade de Brasília

Universidade de Brasilia terletak di jantung ibu kota Brasilia, dan masuk ke dalam peringkat ke 18 di Amerika Latin. Kampus ini didirikan pada tahun 1962 dan saat ini tercatat 40.000 mahasiswa belajar di kampus ini 9.000 diantaranya adalah mahasiswa pascasarjana.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini