nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Sesuai Kisi-Kisi, Banyak Siswa Keluhkan Soal UNBK Matematika

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 10:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 13 65 1886099 tak-sesuai-kisi-kisi-banyak-siswa-keluhkan-soal-unbk-matematika-qPOxIofk8p.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Empat hari berlansungnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejumlah laporan mengenai kendala teknis masih terjadi, mulai dari jaringan internet eror, listrik padam, komputer terbatas dan ujian ulang karena server eror.

Selain kendala teknis, dijagat maya tersebar komentar siswa di akun resmi media sosial Kemdikbud di mana mereka mengeluhkan soal matematika yang dirasakan sulit dan tidak sesuai kisi-kisi.

“Para siswa tak hanya yang di daerah, bahkan juga di Jakarta mengeluhkan bentuk soal yang dibuat Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Keluhan dan laporan atas sulitnya soal matematika ini juga disampaikan oleh siswa di laman komentar akun resmi Kemdikbud di media sosial Instagram dan telah tersebar di Twitter dan Facebook,” ujar Wasekjen FSGI, Satriwan Salim dalam siaran persnya, Jumat (12/4/2018).

Beragam keluhan tersebut misalnya datang dari siswa SMA Negeri 2 Tangerang Selatan. Kemudian siswa SMA 46 Jakarta, siswa SMA Bakti Mulya Jakarta Selatan, siswa SMA Labschool Jakarta dan juga dari siswa SMA Negeri 47 Jakarta.

Seperti yang diungkapkan Andi Ainul, siswa kelas tiga IPS di salah satu sekolah di Jakarta. Kepada Wasekjen FSGI Satriawan Salim, ia mengaku bahwa sangat kewalahan mengerjakannya dan kecewa dengan soal matematika yang disajikan

"Soal matematika UNBK susah, parah banget. Beda jauh sama tryout sebelumnya. Contoh soal yang kami belum pelajari, cotangen, matriks pecahan. Juga ada soal yang salah jawabannya. Soalnya juga kurang kalimat penjelasannya. Jadi bingung harus diapakan,” paparnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini