nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berprestasi, UGM Loloskan PKM Terbanyak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 13 65 1886204 berprestasi-ugm-loloskan-pkm-terbanyak-9fCMj7wst7.JPG Foto: Dok UGM

JAKARTA – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu program yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Hal ini ditujukan untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa di Indonesia yaitu mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang ia pelajari di bangku kuliah untuk masyarakat luas.

Dilansir dari laman UGM, Sabtu (14/4/2018), Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil meloloskan proposal PKM terbanyak yang mendapatkan dana hibah penelitian dari Dirjen Dikti, yaitu sebanyak 227 proposal penelitian.

Proposal tersebut akan diseleksi kembali dan diikutkan dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018. Pada tahun ini, penyelenggaraan PIMNAS akan berlangsung di Yogyakarta sekira Agustus mendatang.

“UGM mengajukan sebanyak 700 proposal PKM dan yang berhasil didanai Dikti sebanyak 227 proposal dan jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dibanding perguruan tinggi lainnya di Indonesia,” tutur Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Suherman, Ph.D

Ia mengatakan bersyukur atas keberhasilan tersebut yang merupakan sebuah kerja keras dan semangat seluruh tim PKM Mahasiswa, dosen pembimbing, dosen pembina, dan mahasiswa di PKM Center UGM.

"Kita bersyukur dan bangga bisa menjadi universitas yang berhasil meloloskan proposal PKM terbanyak,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Suherman mengatakan bahwa capaian tersebut bukanlah akhir dari perjuangan tim PKM UGM. Akan tetapi, sambung dia, merupakan perjalanan yang masih panjang. Karena seluruh proposal yang mendapat dana dari Dikti masih akan diseleksi kembali melalui proses evaluasi, lalu proposal yang dinyatakan lolos dari tahapan berhak maju ke PIMNAS.

“Oleh sebab itu, ke depan kami berupaya memperkuat tim PKM untuk menghadapi proses selanjutnya. Harapannya bisa banyak proposal yang lolos melaju ke final dan meraih juara di PIMNAS mendatang,” harapnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini