3 Alasan yang Membuat Harga Motor Klasik seperti Astrea Grand Tak Normal

Agregasi Gila Motor, Jurnalis · Senin 16 April 2018 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 15 15 1886943 3-alasan-yang-membuat-harga-motor-klasik-seperti-astrea-grand-tak-normal-3zoX1AoNWE.jpg Astrea Grand 1991 yang disebut laku Rp80 juta. Foto: Screenshoot dari Instagram zubastian.rachman

JAKARTA - Belakangan ini dunia otomotif Tanah Air disuguhkan dengan motor lawas yang harganya tak normal. Disebut demikian karena harganya jauh melebihi banderol ketika masih baru.

Contohnya Honda Astrea Grand yang terjual dengan harga mencapai Rp80 juta. Harga fenomenal motor bebek keluaran tahun 1991 itu menyamai banderol motor sports 250cc lansiran terbaru saat ini.

Kemudian ada juga kabar Honda Astrea Grand ditawarkan seharga Rp40 juta melalui situs jual beli online. Uniknya lagi, motor itu disebut-sebut eks tunggangan tokoh politik Amin Rais.

Lalu apa yang membuat motor klasik itu melejit? Dikutip dari laman Gilamotor, Senin (16/4/2018), ada tiga hal yang membuatnya harganya naik.

1. Faktor Kelangkaan

Sudah tak diproduksi lagi otomatis membuat peredaran motor-motor klasik ini jadi langka di jalanan. Jadi, kalau kepincut salah satu modelnya, harus membeli dari seorang pemilik.

Pemilik bisa jadi menyadari motornya terhitung barang langka maka memasang harga tinggi untuk yang mau meminang. 

Buat sebagian orang, motor bukan hanya dilihat sebagai alat trasportasi, apalagi motor tua. Motor klasik dianggap menyimpan histori yang menarik minat kalangan tertentu, contohnya para kolektor.

Histori yang dimaksud bisa jadi termasuk menyangkut tokoh yang pernah memiiliki motor tersebut. Honda Astrea Grand eks Amin Rais menjadi salah satu contohnya.

3. Benda Koleksi

Sebagian motor tua pantas dikatakan sebagai benda yang pantas dikoleksi. Sebabnya antara lain keunikan yang dimiliki motor tersebut. Keunikan tersebut pastinya mendorong para kolektor untuk berebut memilikinya.

4. Ikatan Emosional

Pemilik motor klasik menghabiskan waktu yang yang tidak sedikit untuk merawat koleksinya. Apalagi kalau kondisi motor tersebut terlihat sangat mulus.

Dari situ kemungkinan muncul ikatan emosional yang kuat antara sang pemilik dan motornya. Jadi yang membuat sang pemilik mematok harga yang tinggi buat motornya.

[Baca Juga: Geger! Astrea Grand 1991 Laku Rp80 Juta, Siapa Pembelinya?]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini