nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Media Jepang Rilis Foto Ibu Kim Jong-un

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 20:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 15 18 1886918 media-jepang-rilis-foto-ibu-kim-jong-un-XvkH8MiRh2.jpg Ibu dari Kim Jong-un, Ko Yong-hui, saat berkunjung ke Jepang (Foto: Mainichi Shimbun)

TOKYO – Media Jepang, Mainichi Shimbun, merilis sejumlah foto ibu dari Kim Jong-un, Ko Yong-hui, yang diambil saat berkunjung ke Negeri Matahari Terbit pada 1973. Istri Kim Jong-il itu berkunjung ke Jepang sebagai seorang penari dalam kelompok seni Mansudae pada September 1973.

Foto-foto itu diperoleh dari seseorang yang berinteraksi dengan Ko Yong-hui selama kunjungan tersebut. Sejumlah foto yang memperlihatkan wajah cantik Ko ketika berkunjung ke Jepang itu sangat langka. Para ahli yakin foto-foto tersebut akan menjadi benda berharga.

Melansir dari Mainichi Shimbun, Minggu (15/4/2018), Profesor dari Tokyo Dental College, Masatsugu Hashimoto, diminta untuk menguji foto-foto tersebut. Ia diketahui memiliki keahlian membandingkan sejumlah foto dengan yang asli guna mengonfirmasi identitas objek gambar.

Masatsugu Hashimoto mengonfirmasi bahwa orang yang ada di dalam foto-foto yang belum lama ini ditemukan adalah benar Ko Yong-hui.

Yong-hui adalah seorang warga negara Korea Utara yang lahir dan tinggal di Distrik Tsuruhashi, Osaka, Jepang, pada 1952. Ia diyakini kembali ke Korea Utara saat masih kecil. Ko Yong-hui adalah ibu dari Kim Jong-un dan Kim Yo-jong.

Selama berkunjung ke Jepang, perempuan yang wafat pada 2004 itu berpartisipasi dalam sejumlah penampilan seni di Nagoya, Osaka, dan beberapa wilayah lain. Foto yang belum lama ini ditemukan, diambil di Jepang di sela-sela kesibukan untuk tampil dalam rombongan seni.

Eksistensi Ko Yong-hui diyakini tidak banyak diketahui oleh publik Korea Utara. Profesor di Keio University, Atsuhito Isozaki mengaku, tidak pernah melihat foto-foto yang menampilkan ekspresi Ko Yong-hui dalam kehidupan nyata sebelumnya.

“Bahkan di Jepang, ada beberapa foto yang menampilkan sosok Ko. Saya tidak pernah melihat foto-foto yang menampilkan ekspresi Ko dalam kehidupan pribadinya sebelumnya,” ujar pria yang cukup akrab dengan seluk-beluk perpolitikan di Korea Utara itu.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini