Image

Korut: Pengiriman 3 Kapal Inggris Adalah Tindakan Perang

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 16 April 2018 22:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 16 18 1887385 korut-pengiriman-3-kapal-inggris-adalah-tindakan-perang-cgLkUHnTm0.jpg Bendera Korea Utara (Foto: Kim Kyung-hoon/Reuters)

PYONGYANG – Korea Utara menuduh Inggris melakukan tindakan perang dengan mengirimkan tiga armada kapal perang ke Semenanjung Korea. Pengiriman tersebut dilakukan Inggris guna memastikan agar tidak ada kapal yang mengirimkan benda-benda terlarang ke Korea Utara.

Bagi Pyongyang, mencegat kapal yang menuju Korea Utara masuk dalam kategori blokade laut dan sebuah tindakan perang. Tindakan tersebut dinilai dapat menghalangi terciptanya perdamaian serta mengganggu stabilitas di Semenanjung Korea.

“Inggris Raya lebih baik menangani masalah dalam negerinya daripada mengambil hati orang lain dan mencolek yang bukan urusan mereka,” ujar seorang juru bicara di Asosiasi Eropa-Korea yang dikutip kantor berita KCNA, melansir dari Telegraph, Senin (16/4/2018).

BACA JUGA: Inggris Terjunkan 3 Kapal Perang untuk Awasi Korut 

Sebagaimana diberitakan, Menteri Pertahanan Inggris, Gavin Williamson mengatakan, pihaknya akan segera mengirim kapal perang ketiga untuk memastikan sanksi internasional tetap berlaku terhadap Korea Utara (Korut). Kapal serbu HMS Albion itu akan bergabung dengan HMS Sutherland dan HMS Argyll yang terlebih dahulu berada di wilayah Asia Pasifik.

Ketiga kapal tersebut dijadwalkan melakukan latihan bersama dengan Australia, Malaysia, Selandia Baru, dan Singapura, dalam waktu dekat. Albion, Sutherland, dan Argyll dikerahkan untuk memastikan bahwa tidak ada pelanggaran terhadap larangan pengiriman barang lewat laut dengan tujuan Korea Utara.

“Angkatan Bersenjata kami ada di garda terdepan dan pengerahan HMS Albion, Sutherland, dan Argyll menunjukkan komitmen kuat kami terhadap tanggung jawab internasional serta untuk menjaga perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan di kawasan,” ujar Williamson.

“Hingga Korea Utara memenuhi janjinya dengan aksi nyata, Inggris akan terus bekerja sama dengan mitra dan sekutu untuk terus menekan serta menegakkan sanksi yang berlaku guna memastikan tidak hanya keamanan kawasan tetapi juga Inggris Raya,” imbuhnya.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini