Nasdem Akan Serahkan Nama Cawapres Bila Diminta Jokowi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 16 April 2018 07:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 16 337 1887034 nasdem-akan-serahkan-nama-cawapres-bila-diminta-jokowi-Q4CaArlrN1.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTA – Pembahasan mengenai sosok calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 masih berjalan alot. Partai politik koalisi pendukung Jokowi masih menyaring sosok yang dinilai tepat mendampingi Jokowi.

Terkait hal itu, Ketua DPP Nasdem, Irma Suryani Chaniago menyatakan, partainya saat ini masih menyerahkan sepenuhnya ke Jokowi untuk menyaring calon pendampingnya di pilpres nanti.

Tetapi, Irma menyatakan Partai Nasdem akan siap apabila diminta menyerahkan nama cawapres apabila diminta oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Nasdem hanya akan menyerahkan nama jika diminta Jokowi,” kata Irma saat berbincang dengan Okezone, Senin (15/4/2018).

Partai Nasdem, sambung dia, saat ini sudah mengantongi nama-nama yang akan diserahkan sebagai cawapres Jokowi bilamana nantinya akan minta.

“Sudah punya nama. Saat ini masih dikantongi,” papar dia.

(Baca Juga: Megawati Pegang Kendali Penuh Sosok Cawapres Jokowi yang Dijaring PDIP)

Bila nantinya Jokowi sudah memiliki sosok pendamping dai Pilpres 2019, Nasdem pun bersedia untuk memberikan pendapat.

“Begitupun jika ternyata pak Jokowi sudah punya calon sendiri dan minta pendapat tentu kami akan memberikan pendapat,” tandasnya.

Pada Pilpres 2019, setidaknya Nasdem, PDIP, Golkar, Hanura, PPP, dan Perindo menjadi partai politik yang terlebih dahulu menyatakan dukungannya kepada Jokowi untuk kembali maju di Pilpres 2019.

Belakangan partai lainnya, seperti PKPI dan PKB juga sudah menyatakan bahwa mendukung Jokowi. Namun, PKB mengisyaratkan agar Ketua Umumnya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi cawapres pendamping Jokowi. Bukan hanya Cak Imin, nama Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj juga ikut muncul ke publik.

(Baca Juga: Koalisi Jokowi Buka Pintu Lebar-Lebar Buat PAN dan Demokrat)

Selain itu, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan eks Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD juga digadang-gadang  menjadi cawapres pendamping Jokowi.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini