nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Laut Jadi Pintu Masuk Utama Narkoba ke Indonesia

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 16 April 2018 12:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 16 337 1887157 laut-jadi-pintu-masuk-utama-narkoba-ke-indonesia-aM91bd41yR.jpg Rapat BNN dengan Komisi II DPR bahas peredaran narkoba. Foto Okezone/Muhamad Rizky

JAKARTA – Perairan Indonesia yang luas menjadi gerbang utama para pengedar untuk menyebarkan narkoba ke wilayah Nusantara.

Kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko saat rapat dengan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senin (16/4/2018) memaparkan bahwa sejumlah narkoba yang diamankan pihaknya masuk melalui laut.

"Laut menjadi pintu masuk utama atas sejumlah narkoba yang berhasil disita," paparnya.

Beraneka Warna, Barang Bukti Penyalahgunaan Narkoba yang Dimusnahkan BNN dan Mabes Polri

Menurut Heru, faktor letak geografis Indonesia yang terletak di antara dua benua dan banyaknya pelabuhan yang tidak resmi, dan minimnya pengawasan di wilayah terluar Indonesia, menjadi penyebab maraknya peredaran narkoba.

"Kurangnya edukasi dan perhatian pemerintah terhadap masyarakat di daerah perbatasan. Banyak kasus pengiriman narkotika dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai, karena para jaringan memanfaatkan kondisi masyarakat tersebut dengan keuntungan timbal balik," tukasnya.

 BNNP Perlihatkan dan Musnahkan 6 KG Narkoba Asal Malaysia

Oleh karenanya, BNN terus melakukan upaya pencegahan peredaran narkoba dengan bekerjasama dengan semua instasi dalam dan luar negeri, termasuk dengan negara yang memproduksi narkoba secara besar.

"BNN melakukan kerjasama dengan intansi baik luar maupun dalam negeri. selain bea cukai dan polri juga dengan Bakamla dan TNI AL," kata Heru di memaparkan.

“BNN terus bekerjasama dengan negara sumber narkoba,” kata Heru.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini