BNN Dapat Laporan Soal Calon Kepala Daerah Terindikasi Narkoba

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 16 April 2018 16:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 16 337 1887323 bnn-dapat-laporan-soal-calon-kepala-daerah-terindikasi-narkoba-l2v089zHaS.jpg Kepala BNN, Heru Winarko di Gedung DPR RI (foto: Rizki/Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko menegaskan, pihaknya akan menindaklanjuti kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait mengantisipasi calon kepala daerah yang terlibat narkoba dalam pesta demokrasi di 171 daerah pada Juni 2018 mendatang.

"Yang jelas kita sudah bekerjasama dengan KPU pada tahun 2016, dan kita akan tindaklanjuti terus terutama dalam proses pilkada ini," kata Heru usai menghadiri rapat dengan Komisi III di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, (16/4/2018).

Perjanjian antara KPU dan BNN sendiri ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) tentang upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

 (Baca juga: Komisi III Minta BNN Bersihkan Calon Kepala Daerah dari Narkoba)

Dalam perjanjian tersebut, keduanya sepakat untuk fokus pada ruang lingkup pencegahan penyalahgunaan narkotika dalam kaitannya peserta pemilu di Indonesia. Nantinya seluruh calon kepala daerah di Indonesia akan menjalani tes narkoba.

"Tentu kalau untuk tes urine ini memang yang jelas, kalau misalnya ada langkah-langkah yang tegas nanti harus ada penegakan hukum kita lakukan tes urine, harus juga ada kesadaran dari masing-masing, misal kita adakan pemeriksaan mereka minta di tes seperti itu," ungkapnya.

 (Baca juga: BNN Diminta Libatkan KPU Tangani Kepala Daerah Terlibat Narkoba)

Nantinya, kata Heru, pihaknya akan menindaklanjuti atas laporan yang diterima kepada BNN terkait calon kepala daerah yang diduga terindikasi narkoba.

"Ya kita juga kan banyak laporan-laporan yang masuk ke kita, kemudian juga rekam jejak yang bersangkutan itu juga jadi patokan kita," pungkasnya.

 

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini