nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerindra Desak KPK Bongkar Misteri Skandal Bank Century

Badriyanto, Jurnalis · Senin 16 April 2018 19:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 16 337 1887403 gerindra-desak-kpk-bongkar-misteri-skandal-bank-century-94hf90DFU9.jpg Waketum Gerindra Ferry Juliantono (Foto: Badriyanto/Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar segera menjalankan amar putusan hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan Effendi Muktar yang memerintahkan segera menetapkan mantan Wakil Presiden Boediono sebagai tersangka dalam kasus Bank Century.

"KPK harus segara menindaklanjuti kasus Century ini," kata Ferry dalam diskusi bertajuk Skandal Bank Century: Setelah Budiono Tersangka, Siapa Berikutnya? di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (16/4/2018).

Ferry khawatir apabila KPK tidak berani ambil langkah perihal amar putusan tersebut akan muncul skandal-skandal baru yang tidak menemukan ujungnya. Mengingat, kasus skandal Bank Century itu telah berlarut-larut yang kemudian mulai terang dengan adanya perintah hakim Effendi Muktar tersebut.

 

(Infografis yang dihimpun Okezone)

"Jangan sampai ada skandal baru. Makanya semua kita harus mengawasi kasus ini," ujar anak buah Prabowo Subianto tersebut.

Seperti diketahui, PN Jakarta Selatan telah mengabulkan praperadilan yang dilayangkan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI). Dalam putusan itu, Hakim memerintahkan KPK untuk melakukan penyelidikan baru dengan menetapkan mantan petinggi Bank Indonesia, Boediono, Muliaman D Hadad, dan Raden Pardede.

 (Baca: Boediono soal Kasus Century: Saya Serahkan ke Penegak Hukum)

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Syarif mengatakan, masih akan melakukan pengkajian ulang terhadap dugaan kasus dana talangan (bailout) Bank Century yang melibatkan mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono. Hal tersebut dibeberkannya saat berkunjung di Makassar, Senin (16/4/2018).

"Kami masih melakukan kajian ulang akan kasus tersebut dan pak Budiono juga sudah beberapa kali kami panggil," kata Syarif.

KPK masih terus mendalami putusan PN Jakarta Selatan yang meminta KPK melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka terhadap orang-orang yang diduga terlibat kasus Bailout Bank Century.

 (Baca juga: MAKI Ancam Gugat Pimpinan KPK Jika Putusan Praperadilan Tak Dijalankan)

"Pada intinya adalah bahwa setiap putusan pengadilan maupun hasil penyelidikan dan penyidikan di KPK itu telah memenuhi unsur-unsur, rumusan Tipikor, pasti itu akan ditingkatkan atau dilaksanakan," jelas Laode.

Walaupun putusan dari PN Jaksel belum memenuhi 2 alat bukti, lanjut Laode, KPK sendiri tetap akan melakukan proses peningkatan kasus tersebut. Akan tetapi, terkait dengan adanya putusan ini, pihaknya dinilai patut mempelajari dan meminta masukan dari beberapa pihak.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini