nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tewaskan 7 Orang, Gedung Penangkaran Walet yang Roboh di Cirebon Berusia 50 Tahun

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Senin 16 April 2018 19:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 16 525 1887401 tewaskan-7-orang-gedung-penangkaran-walet-yang-roboh-di-cirebon-berusia-50-tahun-HJOh0YvCPB.jpg Proses pencarian korban bangunan roboh di Cirebon (Foto: Dwi Ayu/Okezone)

CIREBON - Bangunan penangkaran walet yang runtuh dan menimpa sanggar seni yang mengakibatkan tujuh orang tewas berada di Desa Gegesik Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sudah berusia 50 tahun.

Kuwu Gegesik Wetan, Ruswenda mengatakan tembok setinggi lebih dari 10 meter yang menimpa sanggar seni dan mengakibatkan 7 orang meninggal dunia merupakan tembok bekas sarang walet.

"Usianya sudah lebih dari 50 tahun. Memang bangunan tua dan tidak ditempati," katanya, Senin (16/4/2018).

Ruswenda mengaku kejadian ini merupakan kejadian kali pertama, pihaknya pun akan menghubungi pemilik tanah itu. Kejadian tersebut membuatnya perihatin karena bukan saja kejadian tersebut merenggut nyawa siswa SMP melainkan juga merenggut nyawa seniman Cirebon.

(Baca Juga: Gedung Penangkaran Walet di Cirebon Runtuh, 7 Orang Tewas)

Sementara, Kepala Dinas Budaya Pariwisata Kabupaten Cirebon, Hartono mengatakan sanggar seni cahaya jati sudah berdiri 5 tahun, pendirian sanggar tersebut merupakan motivasi dari pemilik sanggar dalang Suherman.

"Kami turut berduka cita atas meninggalnya dalang Suherman, Cirebon kehilangan seniman/ budayawan yang sangat menginspirasi," katanya.

Masih dikatakannya, sejumlah siswa SMP yang berlatih tersebut untuk mengikuti O2SN, selain itu latihan ini merupakan kegiatan rutin ekstra kurikuler siswa. Pemerintah sudah memberikan bantuan pada 2016 lalu ke sanggar cahaya jati berupa gamelan.

"Tahun ini pun sudah diusulkan bantuan untuk sanggar tersebut," ucapnya.

Sekedar diketahui, Bangunan penangkaran walet yang berada di Desa Gegesik Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, runtuh dan menimpa bangunan sanggar seni. Akibat kejadian ini, 11 orang menjadi korban, 7 meninggal, 2 luka-luka dan 2 selamat.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini