Tak Perlu Repot Lagi, Mobil Volkswagen Bisa Cari Parkir Sendiri

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 15 1887549 tak-perlu-repot-lagi-mobil-volkswagen-bisa-cari-parkir-sendiri-Jf1pKYCDHB.jpg Diambil dari Paultan, foto Volkswagen.

MENCARI tempat parkir biasanya memakan waktu cukup lama bagi pengendara yang sedang pergi ke pusat keramaian seperti mal, bandara, dan lainnya. Namun sebentar lagi kesulitan itu akan hilang. Kok bisa?

Ya, Grup Volkswagen akan menyediakan mobil masa depannya dengan kemampuan mencari tempat parkir dan parkir sendiri secara otomatis.

Teknologi parkir otonom ini saat ini sedang diuji sebagai bagian dari proyek percontohan di Bandara Hamburg, Jerman.

Tes ini melibatkan Volkswagen, Porsche dan kendaraan Audi yang telah dilengkapi dengan sistem pengenalan lingkungan aktif, yang memungkinkan mobil itu mengidentifikasi ruang parkir terbuka dan masuk ke dalamnya.

Aplikasi ponsel cerdas digunakan untuk memulai proses di mana pengemudi akan memesan tempat parkir di bandara terlebih dahulu. Mereka kemudian hanya perlu meninggalkan kendaraan mereka di pintu masuk garasi parkir, dan kendaraan akan melanjutkan ke lahan itu sendiri.

Ada juga opsi untuk menggunakan boot kendaraan sebagai titik drop-off untuk paket atau dry cleaning saat pengemudi pergi.

[Baca Juga: Audi Siap Luncurkan Mobil Tanpa Sopir pada 2021]

Selanjutnya, untuk pergi dari tempat parkir tak perlu repot, Anda cukup mengaksesnya lewat suatu aplikasi untuk memanggil mobil Anda. Mobil kemudian akan menyetir sendiri ke pintu keluar, dengan semua biaya parkir dibayar melalui aplikasi.

Saat ini, proyek percontohan akan melibatkan area parkir mobil bertingkat secara langsung di seberang Terminal 2 Hamburg yang ditutup untuk lalu lintas normal. Dengan data yang mencukupi, pengujian di lebih banyak kondisi di dunia nyata yang melibatkan kendaraan lain dan pejalan kaki akan dilakukan.

Menurut Volkswagen, Jerman menghabiskan rata-rata 41 jam setahun mencari tempat parkir, Inggris menghabiskan 44 jam, dan New York menghabiskan 107 jam.

Fungsi ini harus membantu mengurangi angka-angka itu, dan akan masuk ke dalam kendaraan Grup pertama pada 2020.

[Baca Juga: Ini Dia Mobil Masa Depan VW Sedric, Tak Ada Setir & Pedal]

“Parkir otonom dapat memberikan kontribusi penting untuk menciptakan mobilitas yang nyaman dan bebas stres bagi pelanggan kami. Oleh karena itu kami ingin mendemokrasikan teknologi dan membuatnya dapat diakses oleh sebanyak mungkin orang,” kata Johann Jungwirth, Chief Digital Officer Volkswagen Group seperti dilansir dari Paultan pada Selasa, (17/4/2018).

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini