nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Empat Ekor Gajah Tewas Tersambar Kereta Api di India

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 03:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 17 18 1887864 empat-ekor-gajah-tewas-tersambar-kereta-api-di-india-HNfxsrJYOj.jpg Empat ekor gajah tewas tersambar kereta api barang yang melaju dengan kecepatan tinggi (Foto: Roadkills India/Twitter)

NEW DELHI – Empat ekor gajah tewas seketika tersambar kereta api di Negara Bagian Odisha, India. Mereka tertabrak saat kawanannya tengah menyeberang rel dan tertabrak kereta api barang yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Insiden tersebut terjadi pada Senin 16 April dini hari waktu setempat di ruas rel yang membelah hutan. Kawasan tersebut diketahui merupakan koridor yang biasa dilalui para gajah. Otoritas meyakini gajah-gajah itu datang dari arah pusat penangkaran di Sambalpur, sekira 20 kilometer (km) dari tempat kejadian.

“Meski tidak ada pergerakan gajah di area itu selama tiga-empat bulan terakhir, otoritas kereta api selalu diberi tahu untuk mengimbau masinis mereka agar mengurangi kecepatan di ruas tersebut,” ujar perwakilan dari otoritas kehutanan setempat, Sushant Kumar, dinukil dari Asian Correspondent, Rabu (18/4/2018).

“Selain itu, mereka juga diminta mengikuti aturan baku termasuk membunyikan klakson secara berulang-ulang di ruas tersebut,” imbuh Kumar.

BACA JUGA: Tragis! 2 Ekor Gajah Tewas Tersambar KA saat Mencari Makan 

Menurut Hindustan Times, sekira 589 ekor gajah tewas di Odisha dalam 10 tahun terakhir. Sebanyak 205 kasus di antaranya mati secara tidak wajar, termasuk tertabrak kereta api.

“Kami sudah menulis kepada SE Railway untuk mengurangi kecepatan rangkaian kereta api menjadi 30 kilometer per jam di rute, terutama di ruas antara Jhargusuda dan Bamra,” ucap otoritas konservasi setempat lainnya yang menolak menyebutkan nama.

“Pada kecepatan tinggi, tidak mungkin gajah-gajah akan bertahan hidup. Itu adalah pelanggaran besar,” tegas ahli margasatwa Odisha, Biswajit Mohanty.

BACA JUGA: Empat Ekor Gajah Mati Ditabrak Kereta di India

Tertabraknya gajah oleh kereta api di India juga pernah terjadi pada Februari di Guwahati, Negara Bagian Assam. Insiden tersebut menyebabkan satu rangkaian kereta anjlok keluar jalur dan menewaskan empat ekor gajah.

Tabrakan antara kereta api dan gajah bukan hal yang aneh di India yang memiliki populasi sekira 30 ribu ekor. Pada 2017 dilaporkan setidaknya 60 ekor gajah mati karena kejadian serupa.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini