nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fasilitasi Disabilitas, KPU Ingatkan agar TPS Dibangun di Atas Tanah yang Rata

Djamhari, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 15:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 337 1887747 fasilitasi-disabilitas-kpu-ingatkan-agar-tps-dibangun-di-atas-tanah-yang-rata-K09RGVBXf6.JPG KPU Bekasi lakukan sosialisasi Pilkada Serentak (Foto: Djamhari)

BEKASI - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi divisi Sosialisasi dan SDM Nurul Sumarheni mengatakan, KPU selaku penyelenggara Pilkada Serentak 2018 di ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bekasi memastikan para disabilitas terlayani dengan baik.

"Sesuai arahan KPU pusat seluruh TPS wajib dibangun di atas permukaan tanah yang rata, untuk bisa dilalui penyandang disabilitas dengan kursi roda," ujar Nurul, Selasa (17/4/2018).

Menurut Nurul, kewajiban ini tidak terkecuali, bagi TPS yang memang tidak ada penyandang disabilitas pun tetap harus membangun TPS di atas permukaan yang rata. Sebab, bisa saja ada penyandang disabilitas pindah TPS dari tempatnya memilih ke TPS lain.

"Jadi, tidak ada pengecualian, seluruh TPS di Kota Bekasi harus dibangun di permukaan yang rata," tegas Nurul.

Guna memastikan para penyandang disabilitas ini terlayani dengan baik, sambung Nurul, nantinya di setiap TPS juga akan disiapkan petugas pendamping untuk memandu mereka menggunakan hak pilihnya, tapi dilarang mempengaruhi pilihannya.

"Dan diperbolehkan juga, kalau memang memiliki pendamping sendiri dari keluarganya bahkan, orang lain yang tidak memiliki hubungan keluarga asalkan dengan syarat memiliki formulir C3, tapi tetap dilarang mempengaruhi suara," terang Nurul.

Seperti diketahui, ada langkah lain yang disiapkan KPU dalam melayani pemilih penyandang disabilitas khususnya, bagi tunanetra yakni, dengan menyiapkan surat suara khusus sehingga mereka pun bisa menggunakan hak suaranya.

"Kami harapkan, dengan langkah yang sudah dilakukan KPU ini masyarakat khususnya, penyandang disabilitas dapat menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS. Jadi, ayo datang ke TPS dan gunakan hak pilih Anda, Jangan sampai golput," ujar Nurul.

KPU Kota Bekasi pada hari ini sedianya menggelar sosialisasi dan tatap muka kepada pemuda/i berkebutuhan khusus dan disabilitas di RM Margajaya, Bekasi Selatan.

Tujuan dari kegiatan ini untuk membangun kesadaran politik dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih di Pilgub Jawa Barat dan Pilwalkot Bekasi. Dua Komisioner KPU Kota Bekasi Yayah Nahdiyah dan Nurul Sumarheni ditunjuk menjadi narasumber untuk memberikan materi mengenai, proses pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi, tata cara dan teknis pemungutan suara bagi pemuda/i berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini