Image

Elektabilitas Perindo Salip Parpol Lawas, Pengamat: Itu Alarm untuk Partai Lain

Chyntia Sami Bhayangkara, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 18:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 337 1887854 elektabilitas-perindo-salip-parpol-lawas-pengamat-itu-alarm-untuk-partai-lain-F4i7DubPXB.jpg

JAKARTA - Meski masih baru di dunia politik, elektabilitas Partai Perindo telah mampu menyaingi sejumlah partai lama. Dengan posisi tersebut, Perindo pun menjadi partai baru yang tidak boleh disepelekan lagi keberadaannya.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat politik UIN Jakarta, Adi Prayitno. Adi mengatakan, gambaran kenaikan elektabilitas Perindo menjadi gambaran nyata bahwa partai tersebut sudah cukup dikenal oleh masyarakat.

Hari Kedua Rapimnas II, Seluruh Kader Perindo Bulatkan Tekad Menangkan Pemilu 2019

Terlebih, nama Partai Perindo pun seringkali masuk ke dalam penghitungan elektabilitas partai politik yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei. Meskipun angka elektabilitasnya belum tinggi, namun kondisi tersebut tidak boleh dianggap remeh oleh partai lain yang telah lebih dulu hadir di dunia politik.

“Jangan dianggap remeh, hasil surveinya kuat kok itu Perindo juga sudah mulai muncul. Artinya, jika sebagai ukuran partai baru Perindo muncul dan mampu mengalahkan PKS, itu alarm bagi partai ini,” ujar Adi kepada Okezone, Selasa (17/4/2018).

Hari Kedua Rapimnas II, Seluruh Kader Perindo Bulatkan Tekad Menangkan Pemilu 2019

Dalam penghitungan elektabilitas dari sejumlah lembaga survei pun menunjukkan, angka elektabilitas Perindo terus mengalami kenaikan. Menurut Adi, keberadaan partai baru memiliki positioning yang cukup baik.

Bahkan, jika kondisi ini tidak diperhatikan dengan jeli oleh partai lawas, maka akan mengancam keberadaan partai lawas itu sendiri.

“Parpol baru ini relatif memiliki fashion dan positioining yang cukup baik misalnya Perindo. Bisa saja parpol yang sekarang sudah ada kalau tidak hati-hati mereka tidak bisa lolos elektoral. Yang terbaru Survei Median, kalau Perindo bisa kalahin PKS atau PAN, artinya Perindo bisa sampai tujuh persen di Pilpres 2019 nanti,” tuturnya.

Hari Kedua Rapimnas II, Seluruh Kader Perindo Bulatkan Tekad Menangkan Pemilu 2019

Sebelumnya, Lembaga Survei Median merilis Partai Perindo menduduki peringkat ketujuh sebagai parpol dengan elektabilitas tertinggi. Elektabilatas tertinggi masih dimiliki Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan persentase 21,1%. Peringkat kedua diduku Gerindra dengan 15,0%, menggeser Golkar yang elektabilitasnya hanya 9,3%. Diperingkat empat ada PKB 8,5%, disusul Partai Demokrat 8,1% dan PPP 3,6%. Partai Perindo berada di posisi ketujuh dengan elektabilitas 3,3%, kemudian disusul partai PKS 2,9%, Nasdem 2,9%, PAN 2,0%, Berkarya 0,9% Partai Hanura 0,7%, PBB 0,6%, Garuda 0,4%, PSI 0,1%.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini