Image

Jalan Lintas Pangkalan Lima-Kumai di Kalteng Rusak Parah

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 14:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 340 1887701 jalan-lintas-pangkalan-lima-kumai-di-kalteng-rusak-parah-xnnH8tP9rE.jpeg Jalan Rusak di Kobar Kalteng (foto: Sigit/iNews TV)

KOBAR - Jalan lintas Desa Pangkalan Lima, Kecamatan Arut Selatan (Arsel) menuju Kecamatan Kumasi, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) rusak parah.

Pantauan di lokasi lubang besar menganga dengan kedalaman sekira 20-40 centimeter.

"Kemarin ada truk yang terperosok di jalan lintas desa dan kecamatan tersebut. Truk akhirnya dalam posisi miring tak dapat berjalan lagi lantaran ban belakang kanan masuk ke kubangan lumpur,” ujar Daryanto warga Pangkalan Bun yang melintasi jalan tersebut dan melihat truk terperosok, Selasa (17/4/2018).

Ia mengatakan, jalan lintas antardesa dan kecamatan tersebut sepanjang sekira 7-10 kilometer mayoritas rusak parah. Jalanan masih terbuat dari tanah, jika musim penghujan seperti sekarang jalan terlihat seperti Kolam ikan.

“Sekarang kan musim penghujan. Jadi lubang jalan terisi air dan mirip kolam ikan. Miris melihat ya,” keluh dia.

 

(Illustrasi jalan rusak di Papua)

Bertahun tahun jalanan ini tak tersentuh pembangunan, padahal jalan ini merupakan jalur alternatif menuju pelabuhan Panglima Utar Kumai bagi warga luar kota yang ingin pergi ke Pulau Jawa menggunakan kapal laut.

“Harapan kami segera diperbaiki," kata dia.

Sementara itu, seorang supir truk yang setiap hari melintasi jalan tersebut, Nurdin, selama 3 tahun ia menjadi supir truk tak telihat pembangunan di jalan tersebut. Semakin hari jalanan semakin tergerus dan rusak parah.

“Kalau musim panas berdebu, kalau musim hujan licin dan banyak yang berlobang. Tapi apa boleh buat kami tetap melintasi jalan inj karena mau menuju pelabuhan dan perusahaan sawit di sekitar jalan tersebut,” keluhnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini