Jelang Pleno Penetapan DPT, 814.383 Warga Sumut Belum Rekam E-KTP

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 16:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 340 1887786 jelang-pleno-penetapan-dpt-814-383-warga-sumut-belum-rekam-e-ktp-tNQiw8sSq4.jpg RDP KPU Sumut dan Kepolisian di DPRD Sumatera Utara (Foto: Wahyudi/Okezone)

MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara berencana menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (PIlgub) Sumatera Utara 2018 pada 21 April 2018 mendatang.

Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea mengatakan, pada rapat pleno nanti, mereka akan memutuskan jumlah pemilih di Pilgub Sumut 2018 berdasarkan data kependudukan masyarakat yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Sementara jika sampai tanggal itu masyarakat tak kunjung melakukan perekaman, maka KPU tak akan mengakomodir hak politik mereka di Pilgub Sumut 2018.

"Jika sampai pada tanggal tersebut tidak ada perubahan jumlah warga yang sudah merekam data e-ktp, maka dengan terpaksa kami tidak dapat mengakomodir mereka sebagai pemilih," sebut Mulia saat mengikuti Rapat Dengar Pendapatan (RDP) kerawanan Plgub Sumut bersama Komisi A DPRD Sumatera Utara dan jajaran Kepolisian di Kantor DPRD Sumut, Selasa (17/4/2108).

Intip Pembuatan KTP Elektronik di Kantor Kecamatan Semarang Tengah

Menurut Mulia, sampai saat ini ada sekitar 814.383 calon pemilih potensial di Sumatera Utara yang belum melakukan perekaman. Padahal berdasarkan ketentuan, hanya yang memiliki e-KTP atau yang sudah melakukan perekaman yang bisa menggunakan hak suaranya.

"Ini juga berhubungan dengan tender logistik pemilu seperti surat suara, yang penganggarannya disesuaikan dengan data pemilih yang ada. Sehingga jika pada saat hari H mereka kemudian datang dengan membawa E-KTP atau suket, maka kami khawatir akan membuat logistik surat suara akan kurang," pungkasnya.

Intip Pembuatan KTP Elektronik di Kantor Kecamatan Semarang Tengah

RDP ini dipimpin oleh Ketua Komisi A Nezar Djoeli dan dihadiri oleh anggota KPU Sumut lainnya, Yulhasni dan Benget Silitonga. Kapolrestabes Medan Dadang Hartanto dan Wakapolres Belawan Kompol M Taufik.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini