nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Kedatangan Presiden Jokowi, Pemprov Babel Lakukan Serangkaian Persiapan

Arsan Mailanto, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 16:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 17 340 1887788 jelang-kedatangan-presiden-jokowi-pemprov-babel-lakukan-serangkain-persiapan-xB0KWTo0bY.jpg Ilustrasi Kunjungan Kerja Presiden Jokowi (foto: Biro Pers Setpres)

PANGKALPINANG - Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus melakukan pembahasan dalam rangka mematangkan persiapan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Babel. Kunjungan Presiden dalam rangka menghadiri Hari Konsumen Nasional (Harkonas) akan diselenggarakan akhir April 2018 di Babel.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Babel Budiman Ginting yang didampingi Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Sunardi membuka dan memimpin rapat koordinasi menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Pemprov Babel Gelar Rapat Persiapan Penyambutan Presiden Jokowi (foto: Arsan/Okezone)

(Baca Juga: Presiden Bertemu Jokowi Kecil di Papua)

Budiman mengatakan, mengenai rencana penyambutan Presiden RI masih dalam tahapan proses pematangan, tergantung dari kepastian kedatangan tamu yang ditunggu dalam hal ini adalah RI 1.

"Belum ada konfirmasi kepastian saat perihal kunjungan kedatangan. Tetapi, kita harus dan tetap dalam keadaan siap segala apapun itu. Karena saat ini SK sudah ditandatangani oleh Bapak Gubernur dari 13 April lalu tentang agenda kedatangan Presiden RI," ujar Budiman di Ruang Pertemuan Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Babel, Selasa (17/4/2018).

Dalam rencana kunjungan, Jokowi akan memberikan kartu peduli berupa 3000 Kartu Indonesia Pintar, termasuk Kartu Indonesia Sehat serta melaksanakan rencana peluncuran ekspor lada di Bangka Tengah tepatnya di Desa Puput. Diawali dan dimulai di Lapangan Merdeka lalu sholat di Masjid Jamik dan makan siang di restoran gale-gale.

"Jadi kita memiliki 3 rencana alternatif yang mana apabila Presiden datang, dan ini termasuk apabila ada rencana Presiden Jokowi akan menginap," tutur Budiman.

Menurutnya, saat ini Pemprov dan Pemkab Bangka Tengah sedang melakukan koordinasi perihal undangan yang harus di cek kembali, dan daftar undangan yang ada di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Pemprov Babel Gelar Rapat Persiapan Penyambutan Presiden Jokowi (foto: Arsan/Okezone)

Sedangkan pihak kepolisian melalui petugasnya akan melakukan sterilisasi di Kebun Lada Bangka Tengah dan keamanan VVIP sterilisasi tempat persinggahan dan rute-rute pergerakan dari Polda.

Dalam kunjungan tersebut Budiman menambahkan, bahwa rencananya juga akan dilakukan Peresmian Bandara Depati Amir kemudian kunjungan menuju ke Kebun Lada Desa Puput, hingga Peresmian Jembatan EMAS di pantai Koala.

Diketahui dalam rakor menyambut kedatangan Presiden Jokowi, turut dihadiri Kepala Disperindag Babel Sunardi, Kepala Dinas UMKM Elfiyanya, Kepala Biro Humas dan Protokol KA Cholil Setda Babel, Perwakilan Polda dan Polres Pangkalpinang, Perwakilan Kejati, Perwakilan Pol PP dan Para Pejabat Eselon 3 dan 4 OPD di Lingkungan Pemprov Babel dan instansi terkait.

Secara terpisah Kapolda Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri mengatakan rencana kedatangan Presiden Jokowi itu pada 24 April itu saat Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang dipusatkan di Bangka Belitung itu akan mengundang Presiden untuk menghadiri.

"Tapi untuk saat ini, Pemda Babel maupun kita aparat TNI Polri masih menunggu keputusan dari Sekmil dan juga jadwalnya bapak Presiden. Ya kita doakan saja beliau ada waktunya bisa menengok Babel ini, sehingga kita dari Pemprov maupun aparat terkait bisa melaporkan kepada beliau tentang perkembangan situasi di Babel," ia menuturkan.

Pemprov Babel Gelar Rapat Persiapan Penyambutan Presiden Jokowi (foto: Arsan/Okezone)

(Baca Juga: Keliling Sumbar, Jokowi: Capek, Tapi Ini Tugas)

Menyoal antisipasi pengamanan kata Syaiful terkait pengawalan, keselamatan, dan pengamanan rencananya sudah disiapkan. Tentu akan di koordinasi oleh rekan kita TNI Polri untuk ke depannya sama-sama saling back-up.

"Namun, jika ada kesempatan jadwalnya pak Kapolri datang untuk berkunjung berbarengan dengan Presiden, tentu sekalian kita harapkan kehadiran beliau di sini agar bisa menyempatkan waktu untuk meresmikan Masjid dan taman Bhay Park di Polda Babel," pungkas Kapolda.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini