nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menristekdikti Imbau Pengumuman SNMPTN Tidak Gaduh

Susi Fatimah, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 12:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 65 1887586 menristekdikti-imbau-pengumuman-snmptn-tidak-gaduh-YEu9udI5Vu.jpg Foto: Dok Kemristekdikti

TANGSEL - Panitia Pusat akan mengumumkan hasil Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada hari ini, Selasa (17/4/2018) pada pukul 17.00 WIB.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) meminta agar pengumuman SNMPTN berjalan dengan baik dan tidak membuat gaduh di masyarakat.

"Komunikasikan ke publik dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, sebab masyarakat kita heterogen dan dikhawatirkan multitafsir," ujar Nasir usai menghadiri acara Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di Universitas Terbuka, baru-baru ini.

Sebelumnya, sambung Nasir, publik dibuat gaduh dan bingung oleh sistem penilaian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) baru. Panitia Pusat mengubah sistem penilaian yang semula menggunakan skor minus dan menghilangkanya pada tahun ini. Sistem penilaian diganti dengan adanya tingkat kesulitan soal mulai dari sulit, sedang dan mudah. Sistem ini sudah dianut di Amerika dan Eropa. Dengan sistem ini dianggap adil bila dibandingkan dengan sistem minus.

Ia meminta kepada pelajar yang tidak lolos SNMPTN untuk tidak berkecil hati, sebab ada jalur lain untuk masuk ke PTN yaitu SBMPTN dan Ujian Mandiri. Selain itu, sambung dia, masih banyak juga peluang untuk melanjutkan pendidikan tinggi melalui perguruan tinggi swasta (PTS).

Mantan Rektor Terpilih Undip itu mengimbau agar para calon mahasiswa memilih PTS yang berkualitas dan tersaftar dalam pangkalan data Kemristekdikti. Hal ini untuk menghindari kampus-kampus swasta bodong dan tidak berkualitas. Sementara kepada pelajar yang berhasil lolos seleksi diharapkan bisa mengembangkan kretivitas dan pendidikan ke depan lebih baik.

"Saya sampaikan kepada pelajar yang mengambil SNMPTN, saya ucapkan selamat bagi yang diterima di perguruan tinggi pilihan. Mudah-mudahan mereka bisa mengembangkan kreativitas dan pendidikannya lebih baik," tutupnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini