nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pejabat AS: Direktur CIA Lakukan Pertemuan Rahasia dengan Kim Jong-un

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 10:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 18 18 1888075 pejabat-as-direktur-cia-lakukan-pertemuan-rahasia-dengan-kim-jong-un-BpoLQD5luy.jpg Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Calon Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang menjabat sebagai Direktur Badan Intelijen (CIA), Mike Pompeo telah melakukan kunjungan rahasia ke Korea Utara pada akhir pekan Paskah dan bertemu dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Pejabat Amerika Serikat mengatakan, kunjungan Pompeo tersebut bertujuan untuk membahas rencana pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Kim Jong-un.

Kunjungan tersebut membuat Pompeo menjadi penjabat Amerika Serikat paling senior yang pernah bertemu dengan Kim Jong-un dan memperlihatkan kesediaan Trump untuk menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang bertemu dengan Kim.

BACA JUGA: Mike Pompeo Dikonfirmasi Jadi Direktur CIA Kabinet Trump

Menurut seorang pejabat senior Amerika Serikat yang memiliki informasi mengenai kunjungan tersebut, percakapan Pompeo dengan Kim Jong-un menimbulkan keyakinan Trump bahwa negosiasi produktif dengan Korea Utara terkait program rudal nuklir dan balistiknya mungkin untuk terjadi.

Seorang pejabat lainnya mengatakan, kunjungan tersebut diatur oleh kepala intelijen Korea Selatan, Suh Hoon dengan rekannya dari Korea Utara, Kim Yong Chol, dan dimaksudkan untuk menilai apakah Kim siap untuk melakukan pembicaraan serius.

Foto: Reuters

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat melakukan pembicaraan langsung di tingkat yang sangat tinggi dengan Korea Utara untuk mencoba mengatur pertemuan puncak antara dia dan Kim Jong-un. Trump mengatakan pembicaraan itu dilakukan sedikit di bawah tingkat tertinggi.

“Presiden mengatakan pemerintah telah melakukan pembicaraan di tingkat tertinggi dan menambahkan bahwa mereka tidak berbicara dengannya secara langsung,” kata Juru Bicara Gedung Putih, Sarah Sanders sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (18/4/2018). Namun, dia tidak memberikan komentar mengenai kunjungan Pompeo ke Korea Utara.

Kepada sidang konfirmasi Senat untuk jabatan menteri luar negeri pekan ini, Pompeo mengatakan bahwa dia optimis sebuah jalan untuk hasil diplomatik dapat dibuat pada pertemuan puncak antara Trump dengan Kim. Namun, dia menambahkan bahwa dirinya tidak berharap kesepakatan yang komprehensif akan dapat dicapai pada pertemuan tersebut.

BACA JUGA: Trump Setuju Bertemu dengan Kim Jong-un, Ini Alasannya

Dia mengatakan bahwa tujuan pertemuan itu adalah “sebuah kesepakatan bahwa pemimpin Korea Utara akan meninggalkan upayanya untuk mengancam Amerika Serikat dengan senjata nuklir dan Pyongyang tidak bisa mengharapkan imbalan sebelum mengambil langkah yang tidak bisa ditarik kembali”.

Direktur CIA, Mike Pompeo. (Foto: Reuters)

Trump meyakini adalah itikad baik dalam dorongan diplomatik terhadap Korea Utara, tetapi menambahkan bahwa pertemuan dengan Kim Jong-un yang direncanakan digelar pada Mei atau Juni kemungkinan batal terjadi.

“Saya benar-benar percaya ada banyak niat baik; banyak hal baik yang terjadi, ”kata Trump kepada wartawan.

“Seperti yang selalu saya katakan, kita akan melihat apa yang terjadi, karena pada akhirnya yang penting adalah hasil akhir, bukan fakta bahwa kita berpikir tentang mengadakan pertemuan atau mengadakan pertemuan,” ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini